Indopol Rilis Survei Capres 2024, Prabowo Bersaing dengan Ganjar Pranowo

ZONATIMES.COM – Indopol Survey and Consulting merilis hasil survei capres 2024, pada Minggu 12 Desember 2021. 

Dalam keterangan resmi yang merilis hasil survei, Indopol menempatkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024 dengan elektabilitas tertinggi. Perolehan survei yakni 17, 24 persen. 

Survei dilakukan dengan melemparkan pertanyaan semi terbuka. Ada 23 daftar nama yang disodorkan ke publik. Prabowo Subianto memiliki popularitas tertinggi dan sudah hampir maksimal 91,30 persen. Tingkat kepuasan publik sebesar 72,28 persen. Akan dipilih sebesar 17,24 persen. 

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 17,15 persen. Hanya selisih 0,09 persen dari elektabilitas Prabowo. 

Di peringkat ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mencatat elektabilitas 13,58 persen.

Peringkat keempat dihuni Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dengan elektabilitas 5,73 persen.

Posisi kelima ditempati Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 5,28 persen.

Survei yang sama memperlihatkan bahwa dinamika elektoral yang terbaca dapat disimpulkan menjadi empat poin utama. Pertama, faktor figur pemimpin lebih kuat dibandingkan faktor partai politik.

Kedua, hingga kini terdapat tiga figur yang cukup dominan elektabilitasnya, yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies.

Ketiga, para figur utama juga hanya memiliki elektabilitas maksimal apabila ditempat sebagai capres. Terakhir, jika dua dari tiga figur tersebut dipasangkan, mereka dipastikan akan memenangi semua level pemilihan.

Misalnya, Prabowo-Anies, Prabowo-Ganjar, Ganjar-Anies, atau Anies-Ganjar. Survei yang dilakukan 17-19 November 2021 itu melibatkan 1.230 responden dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.