Ini Amalan Wanita Haid yang Dapat Keutamaan Luar Biasa

ZONATIMES.COM – Wanita punya kekhususan sendiri. Dimana, ketika sudah dewasa akan mengalami yang namanya haid atau datang bulan.

Wanita haid disebut dalam keadaan yang tidak suci. Segala ibadah baik wajib maupun sunnah tidak boleh dikerjakan sebelum bersih dari haid.

Artinya, meski tidak berdosa, saat haid ada banyak ibadah yang ditinggalkan.

Akan tetapi, jangan berkecil hati. Masih ada amalan yang bisa dikerjakan kala wanita tengah haid. Salah satunya dengan rajin berzikir.

Dinukil dari kitab ‘Dzurratun Nasihin’ karya Utsman bin Hasan Ahmad Syakir al Khubawi, disebutkan sebuah hadis yang diriwayatkan Aisyah. Dia berkata bahwas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada perempuan yang haid, kecuali haidnya bisa menghapus dosa masa lalu dari semua dosanya dan jika ia membaca “alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin ” pada hari pertama haid, maka Allah akan menuliskan kepadanya bahwa ia akan melewatkan api neraka dan kemudia dapat berada di jembatan Shirathal Mustaqim dengan selamat dan aman dari siksaan dan akan dinaikkan pangkatnya oleh Allah setiap hari dan tiap malam pahala empat puluh syuhada bagi ia yang berzikir tersebut kepada Allah dalam masa haidnya”.

Dzikir yang dimaksud dalam hadis tersebut tidak hanya bisa menghapus dosa masa lalu, melainkan juga mendapatkan jaminan dari Allah Ta’ala. Jaminan dari zikir yang dibaca perempuan haid ini adalah jaminan selamat dari api neraka, selamat ketika melintasi shirathal mustaqim, dan juga selamat dari siksaan-Nya.