Ini Jenis Makanan Mengandung 4 Vitaman Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

ZONATIMES.COM, Health – Asupan makanan bergizi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Setidaknya, kita perlu mengenali jenis makanan yang mengandung vitamin penambah daya tahan tubuh. 

Terdapat beberapa jenis makanan sebagai asupan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentu penting untuk melindungi diri dari serangan virus. 

Berikut pembahasan lengkap makanan yang mengandung 4 vitaman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sebagaimana dirangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Vitamin A

Berfungsi untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap infeksi. Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, minyak ikan dan kuning telur.

Vitamin E

Berfungsi sebagai antioksidan yang menetralkan radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh.Vitamin E dapat ditemukan pada almond, minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Vitamin C

Berfungsi untuk membantu pembentukan antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat diperoleh dari pepaya, stroberi, jeruk, tomat, jambu biji, dan kiwi.

Zinc

Berfungsi untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, Zinc dapat diperoleh dari mengkonsumsi seafood, daging sapi, hati ayam, telur, dan keju.

Selain vitamin dan mineral tersebut, zat gizi lain yang ada dalam bahan makanan juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah B6, Folat, Selenium, dan Fe. 

Nah, hidup sehat dapat ditunjang dari asupan makanan kita sehari-hari. Dari yang telah dipaparkan, kita bisa memulainya tidak perlu ribet dan mahal.