Kades Bungaia Laporkan Dugaan Illegal Fishing ke Polres Selayar

ZONATIMES.COM, Selayar – Dugaan praktik illegal fishing di perairan laut, Desa Bungaia, Kecamatan Bontomate’ne, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel mengakibatkan ratusan ekor ikan kecil mati usai terkena hantaman bahan peledak.

Kepala Desa Bungaia, Alimuddin, ST berharap, ini merupakan kegiatan pengeboman kali terakhir yang terjadi di sepanjang perairan laut Desa Bungaia.

Para pelaku diharapkan bisa segera tertangkap dan menjalani proses hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatan telah mereka lakukan.

Pernyataan ini diungkapkan Alimuddin usai membuat laporan polisi terkait dugaan adanya pelanggaran tindak pidana kejahatan illegal fishing yang terjadi di wilayahnya.

Alimuddin mengaku terpukul dan prihatin dengan kejadian tersebut.

Pasalnya, ledakan bom ikan yang terjadi dua kali berturut-turut itu, telah mengakibatkan ratusan ekor bibit ikan mati dalam seketika dan menghancurkan kawasan laut, Desa Bungaia.

Illegal Fishing di Selayar
Barang bukti dugaan Illegal Fishing di Kabupaten Selayar, Sulsel.

Sejauh ini, polisi telah meminta keterangan enam orang saksi, termasuk dirinya, selaku kepala desa.

Dari Polsek Bontomate’ne, laporan polisi (LP) akan dilimpahkan ke Satpol AIR, Polres Selayar dengan mengingat dan mempertimbangkan kewenangan penyidikan yang sepenuhnya menjadi domain jajaran Satpol Air dan tidak menjadi kewenangan Aparrat Kepolisian Sektor Bontomate’ne.

Saat dihubungi wartawan via WhatsApp Senin (10/5/2021), ia mengaku belum pernah memberikan keterangan apa-apa kepada jajaran Satpol Air. (Andi Fadly Dg. Biritta)