Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam di Kedalam 850 Meter

ZONATIMES.COM – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyatakan KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah 72 jam pencarian.

Kapal selam KRI Nanggala-402 terdeteksi tenggelam di kedalaman 850 meter.

Laksamana Yudo mengatakan, akan berupaya keras mencari KRI Nanggala-402 beserta para awak kapal di dalamnya.

“Unsur-unsur kita yang melaksanakan pendeteksian dan unsur-unsur lain akan berusaha keras, karena kedalaman laut yang dideteksi adalah kedalaman 850 meter,” kata Yudo dalam jumpa pers di Bali, dikutip Kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

Kapal selam KRI Nanggala-402
Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012). Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.(Foto: Antara/M Rosyal Hidayat).

Menurut ahli, laut utara Bali termasuk kategori palung dengan kedalaman 700 meter. Semakin ke timur kedalaman bahkan bisa mencapai 1.300 meter.

Sedangkan kondisi arus laut relatif kuat dan memutar lantaran pengaruh arus global yang disebut Alindo atau arus laut kepulauan Indonesia.
Karenanya, proses evakuasi oleh tim menghadapi kesulitan hingga risiko yang tinggi.

“Ini riskan dan memiliki kesulitan tinggi untuk ROV (Remotely Operated Vehicle) dan pengangkatan nantinya,” kata Yudo.