Kelakuan Netizen +62! Viral Jual Beli Foto Selfie Pegang KTP di Medsos

ZONATIMES.COM – Ada-ada saja kelakuan netizen Indonesia atau yang akrab dengan sebutan netizen +62. Warga dihebohkan dengan temuan jual beli foto selfie KTP yang diduga dijual secara online di media sosial. 

Semuanya bermula dari postingan di Twitter yang menunjukkan adanya dugaan praktik jual beli foto selfie memegang kartu tanda penduduk atau KTP. 

Melansir CNN Indonesia, foto selfie dengan KTP dijual itu beredar di media sosial dan menjadi viral usai dicuitkan akun bernama @recehvasi.

Akun itu menyebut bahwa data dan akun foto berkaitan dengan KTP tersebar dan diperjualbelikan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Pemilik akun mewanti-wanti agar masyarakat waspada dengan modus jual-beli data dan foto KTP di medsos. Informasi yang dibagikan terlihat sejumlah foto KTP beserta dengan foto diri (selfie) pemilik yang sedang memegang KTP.

Kasus jual-beli data pribadi juga belum lama ini terjadi. Sebanyak 279 juta diduga data kependudukan itu bocor dan dijual ke forum daring melalui situs raid forum.

Melalui situs tersebut yang diduga menjadi tempat populer bagi para peretas, untuk menyebarkan data-data kependudukan WNI.

Data penduduk yang bocor itu terdaftar di BPJS Kesehatan sempat dijual bebas di forum daring beberapa waktu lalu. 

Polisi menduga bahwa data tersebut dibobol dari server BPJS Kesehatan. Hanya saja, hingga saat ini pelaku belum tertangkap dan terungkap.