Kemenkeu Bakal Telusuri 97 Ribu PNS Fiktif yang Terima Gaji-Dana Pensiun

Gambar Gravatar
Senin, 24 Mei 2021, 7: 34 pm-read

ZONATIMES.COM, Jakarta – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menemukan adanya 97 ribu data PNS fiktif yang menerima gaji hingga dana pensiun. Temuan itu diumumkan setelah proses pemutakhiran data pada 2014.

“Ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data misterius. Dibayar gajinya, dibayar iuran pensiun, tapi tak ada orangnya,” ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dikutip CNN Indonesia.

Proses pemutakhiran sendiri baru dua kali dilakukan pemerintah, yaitu pada 2002 dan 2014. Pemutakhiran pertama dilakukan secara sistem manual, sehingga membutuhkan waktu lama dan biaya besar.

“Pada 2014 kita lakukan lagi pendataan ulang PNS tapi saat itu kita lakukan secara elektronik, dan dilakukan masing-masing PNS sendiri bukan oleh biro kepegawaian dan sebagainya,” katanya.

Setelah dilakukan pemutakhiran data PNS di 2014 itu, ia mengklaim data yang ada pun jadi lebih akurat. Namun, data PNS fiktif masih ditemukan.

Menanggapi temuan BKN, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) angkat bicara. Kemenkeu akan menelusuri informasi tersebut.

“Baru dengar ini. Kemenkeu akan segera telusuri,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari.