Kuota Gratis Kemendikbud Cair 11-15 Oktober, Cek Syarat dan Ketentuannya

ZONATIMES.COM – Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet untuk menunjang pembelajaran secara online. Batuan kuota gratis Kemendikbud ini cair 11-15 Oktober 2021.

Kuota internet ini berlaku 30 hari sejak paket kuota data diterima. Orang yang bisa mendapatkan bantuan kuota ini adalah siswa dan guru PAUD, SD, SMP sederajat, dan SMA sederajat, mahasiswa, dan dosen.

Kuota Kemendikbud harus digunakan di atas 1 GB agar penyalurannya tidak dihentikan di bulan berikutnya. 

Syarat dan Ketentuan Kuota Kemendikbud

Penyaluran kuota Kemendikbud diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 14 Tahun 2021.

Bantuan paket kuota data internet diberikan kepada pendidik dan peserta didik PAUD, SD, SMP sederajat, dan SMA sederajat, mahasiswa, dan dosen. Syarat kuota Kemendikbud yaitu: Siswa PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat terdaftar di aplikasi Dapodik dan punya nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orangtua/anggota keluarga /wali.

Guru PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif, serta memiliki nomor ponsel aktif.

Mahasiswa terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree, memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan, dan memiliki nomor ponsel aktif.

Dosen terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif, memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP), dan memiliki nomor ponsel aktif.

Besaran Bantuan Kuota Kemendikbud

Sisa kuota Kemendikbud yang tidak terpakai tidak bersifat kumulatif, sehingga hangus di bulan selanjutnya.

Paket kuota data internet untuk siswa PAUD: 7 GB/bulan

Paket kuota data internet untuk siswa pendidikan dasar dan menengah: 10 GB/bulan

Paket kuota data internet untuk guru: 12 GB/bulan

Paket kuota data internet untuk mahasiswa dan dosen: 15 GB/bulan

Aplikasi yang Diblokir di Kuota Kemendikbud

Bantuan paket data internet tidak bisa digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi seperti jejaring sosial Badoo, Bigo Live, Facebook, Instagram, Periscope, Pinterest, Snack Video, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Vive, Vkontakte, dan YY.

Game 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of Kings, Clash Royale, Crisis Action, Fifa Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Lords Mobile : Battle of the Empires, Mobile Legends, PUBG, Roblox, dan Steam.Video app Dailymotion, JWPlayer, Likee, Netflix, QQVideo, Tiktok, TVUNetworks, dan Viu.

Sebagai informasi, kuota Kemendikbud selanjutnya disalurkan pada 11-15 November 2021.