Mahasiswa KKN UIN Alauddin Sukseskan Program Vaksinasi Desa

Gambar Gravatar
Sabtu, 06 Nov 2021, 2: 58 pm-read

ZONATIMES.COM – Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar beberapa minggu yang lalu secara resmi telah melepaskan para mahasiswa KKN Angkatan 66 dan 67 kedalam 14 lokasi kabupaten. Salah satu kabupaten yang terpilih sebagai tempat mahasiswa ber-KKN adalah Kabupaten Sidenreng Rappang. Kabupaten Sidrap sendiri telah terpilih tiga kabupaten yakni Kecamatan Baranti, Panca Rijang, dan Tellu Limpoe.

Kami sendiri mahasiswa KKN Angkatan 66 yang terdiri dari 7 orang mahasiswa yakni Syahrun Nur dari Fakultas Syariah dan Hukum, Asty Akhriani dari Fakultas Adab dan Humaniora, Malik Fajar Agsar dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Resky Nur Alifa dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wardah Syamha dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Masyhuda Nur Sahara dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Musdalifah dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi ditempatkan di Kecamatan Baranti.

Kehadiran dan keberadaan kami pertama kalinya di Kabupaten Sidrap disambut baik oleh Bapak Camat Baranti, Bapak Bustaman, S.Sos yang kemudian secara resmi melepas kami ke beberapa desa di Kecamatan Baranti salah satunya Desa Passeno. Di Desa Passeno sendiri kehadiran kami kembali disambut baik dan hangat oleh Ibu Kepala Desa Passeno Hj. A. Nurmi, S.H dan Ibu Bidan Anti selaku pemilik rumah yang akan kami tempati selama ber-KKN.

Kurang lebih 2 minggu lamanya kami berada di Desa Passeno. Banyak agenda kegiatan yang sudah dilakukan, dimulai dari observasi awal lokasi KKN, seminar program kerja, sampai pelaksanaan beberapa program kerja seperti pembuatan tempat sampah, senam rutin bersama setiap hari jumat, membantu mengajar di sekolah dan beragam program kerja lainnya.

Sampai pada hari ke-20 tepatnya Hari Rabu Tanggal 27 Oktober 2021 kami mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar ikut membantu Pihak Kantor Desa Passeno dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Baranti, Kabupaten Sidrap mengadakan kegiatan vaksinasi massal yang bertempat di Kantor Desa Passeno. Kegiatan ini juga sebenarnya merupakan salah satu Proker (Program Kegiatan) yang direncanakan oleh kami.

Kegiatan ini dihadiri oleh KTU Puskesmas Baranti, beberapa Tenaga Kesehatan Puskesmas Baranti, Para Staf Kantor Desa Passeno dan masyarakat sekitar. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan untuk pemberian dosis 1 dan dosisi ke 2 vaksin.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan anak-anak mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, sekaligus kegiatan ini juga dapat membantu pemerintah setempat untuk membantu memutus mata rantai Covid 19 yang ada di Kabupaten Sidrap”, ucap Bapak Ns. Abd. Samad Riu, S.Kep selaku KTU Puskesmas Baranti.

“Program kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian kami terhadap penanggulangan penyebaran Covid 19 khususnya di Kabupaten Sidrap”, ucap Syahrun Nur selaku Koordinator Desa Passeno mahasiswa KKN.

Sampai pada akhir kegiatan vaksinasi semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib. (Resky Nur Alifa)