Melepaskan Diri Dari Game Online Di Era New Normal

Gambar Gravatar
Minggu, 28 Mar 2021, 11: 34 am-read

Akses layanan Internet telah membawa banyak perubahan, termasuk berbagai aktivitas hiburan dan aktivitas berbasis online lainnya.

Tidak hanya anak muda, hampir semua kalangan menyukai game online ini, baik anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Data terbaru pada 2017, menurut lembaga riset pemasaran asal Amsterdam Newzoo, ada 43,7 juta gamer (56% di antaranya laki-laki), di indonesia Jumlah pemain game online terbanyak di Asia Tenggara, dengan perkiraan prevalensi 6,1% pemain game mengalami kecanduan, dapat di perkirakan bahwa saat ini terdapat 2,7 juta pemain game online di Indonesia.

Tingginya keinginan masyarakat terhadap game ini tentunya menjadi angin segar bagi perusahaan penyedia game online, oleh karena itu wajar jika beberapa perusahaan tersebut secara aktif berusaha merebut pasar yang ada dengan rajin merilis berbagai seri game seperti Monster Hunter World, Warcraft III dan Marvel’s Avengers.

Kita bisa mengurangi dampak akibat bermain game online itu dengan beberapa perilaku :

1. NIAT MENGUBAH

Bermain game dalam waktu lama bisa mengganggu berbagai aktivitas keseharian lainnya. Hal ini penting untuk disadari sejak awal, agar proses mengatasi kecanduan bermain game menjadi lebih mudah.

Ada kemauan yang besar untuk berubah, dan mulai menata kembali berbagai aktivitas keseharian yang terputus akibat kecanduan game. Cantumkan beberapa aktivitas sehari-hari yang menarik dan bermanfaat agar pekerjaan sehari-hari Anda tidak membosankan terutama pada langkah awal untuk berubah.

2. MENGURANGI BUDGET GAME

Game perlu membayar biaya tertentu, dan tentu saja biayanya bervariasi. Mengurangi anggaran untuk bermain game atau coba alokasikan dana untuk hal-hal lain yang lebih berguna, seperti menabung atau anda juga bisa mengurangi pengeluaran, karena di masa pandemic ekonomi itu sangat menurun.

3. PENGALIHAN FOKUS

Pengalihan fokus adalah di mana anda tidak hanya melakukan kegiatan itu saja tetapi bisa dengan mengalihkan fokus kita terhadap hal yang lebih menyenangkan seperti olahraga yang kita sukai.

Untuk itu penting bagi orang yang berada dekat dengan remaja yang bermain gamers, memahami potensi, bakat, maupun minat dalam hal pengalihan fokus dalam mencegah dampak game online.

4. PEMBERIAN NASEHAT

Tindakan ini untuk mencegah bermain game berlebihan membujuk, argument, bahkan sampai dalam bentuk paksaan.

Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan gamers (orang tua, guru dan teman).

Kita memahami bahwa tingkat emosional orang yang bermain gamers itu tinggi, dengan memiliki teguran oleh orang-orang penting, mereka akan mudah untuk memahami apa dampak bermain game online.

5. KEILMUAN

Hal yang perlu kita berikan adalah memberikan pengetahuan ataupun anda mencari apa dampak negative yang anda dapatkan ketika kecanduan game online.

Selain itu, dibutuhkan juga dorongan dari lingkungan sosial agar upaya ini dapat berjalan dengan baik, contohnya sekolah dapat memberikan bantuan dari upaya pemberian pemahaman.

Pemahaman bahayanya Kecanduan game online penting bagi semua kalangan karena hal-hal ini mungkin menjadi Pertimbangan untuk mengambil Keputusan saat bermain game online. Untuk itu, generasi muda perlu ditingkatkan pemahaman bahayanya Kecanduan game online.

6. PERHATIAN ORANG TUA

Perhatian orang tua berperan penting dalam mengubah perilaku anaknya terutama kecanduan game online.

Komunikasi orang tua terhadap anaknya tentang penggunaan internet cara yang paling efektif untuk mencegah kecanduan game online. Hal ini menjadi indikasi bagaimana perlunya komunikasi yang baik antara orang tua dan anaknya.

Kurangnya pengawasan yang diberikan oleh orang tua akan memberikan kebebasan terhadap anak untuk melakukan hal-hal negative yang mengarah terhadap anti sosial ataupun penggunaan obat-obatan terlarang.

7. PEMBATASAN AKSES

Kecanduan game online Dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya Mengarah pada game online itu tidak sulit dan tidak butuh waktu lama untuk mengakses game tersebut.

Pemuda dengan hak akses Perlengkapan media elektronik di kamar tidur Cenderung menunda tidur, Waktu tidurnya singkat, Kurangnya konsentrasi saat sore hari.

8. MENGGUNAKAN TENAGA TERAPI

Jika Anda masih memiliki minat yang tinggi dalam bermain game setelah melalui langkah-langkah di atas, kecanduan Anda terhadap game masih sangat besar, anda bisa menggunakan cara ini tetapi memiliki tahap-tahapan yang lama, ini akan sangat membantu untuk menyembuhkan kecanduan game online.

Mencoba dulu, jangan ketika kecanduan baru anda khawatir di mana-mana lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena kecanduan game online ini sudah di tetapkan oleh WHO sebagai gangguan mental, berdampak sangat besar terhadap segala aspek, aspek kesehatan, aspek keuangan dan aspek sosial.

Penulis: Ade Fadly H Masse mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar


peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku