Menkes Sediakan Obat Covid-19 dan Layanan Konsultasi Dokter Gratis

ZONATIMES.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan obat gratis bagi pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memahami bahwa pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri membutuhkan konsultasi, ketenangan, diperhatikan, dan menerima pengobatan yang benar.

Atas kebutuhan tersebut, Kemenkes bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter. 

“Obat-obatan dibantu dan ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes Budi. 

Melansir Bisnis.com, Menkes Budi mengatakan terdapat satu paket obat yang bisa didapatkan pasien positif Covid-19 ketika sudah berkonsultasi melalui layanan telemedicine. Obat tersebut dapat membantu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Daftar Obat Covid-19 Disediakan Gratis

1. Multivitamin (C, B, E, dan Zinc); 1×1 sebanyak 10 butir

2. Azitromicin 500mg; 1×1 sebanyak 5 butir

3. Oseltamivir 75mg; 2×1 sebanyak 14 butir

4. Parasetamol tab 500mg; dengan takaran dosisi sesuai keperluan sebanyak 10 butir

Kendati demikian, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di telemedicine.

Jika sudah diizinkan oleh pihak dokter, pasien akan mendapatkan kiriman paket obat atau vitamin. Paket tersebut akan diantar ke rumah pasien secara gratis dengan resep yang telah dianjurkan dokter mengikuti kondisi pasien.

“Paket-paket ini juga diintegrasikan dengan lab-lab PCR. Kalau teman-teman ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan lewat telemedicine ini. Kalau positif bisa langsung diteruskan,” jelas Menkes Budi.

Dengan adanya layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kemenkes. 

11 Aplikasi Telemedicine Sediakan Layanan Konsultasi Dokter

Alodokter 

GetWell

Good Doctor

Halodoc

KlikDokter

KlinikGo

Link Sehat

Milvik Dokter

ProSehat

SehatQ

YesDok