Merasa Tertipu, Nasabah Asuransi AIA Bikin Grup Facebook Korban Penipuan

ZONATIMES.COM – Nasabah asuransi AIA membuat grup Facebook yang diberi nama “Korban Penipuan Asuransi AIA”. Sudah ada ribuan nasabah yang tergabung di dalam grup tersebut.

Ribuan nasabah mengeluhkan uang yang sudah disetor tidak kembali secara penuh.

Nasabah juga mengeluhkan dalam pencairan dana atau menutup polis prosesnya berbelit-belit.

AIA menawarkan asuransi yang memberikan perlindungan sekaligus investasi kepada nasabahnya.

Salah satu nasabah asuransi AIA Maria Trihartati menceritakan bagaimana asuransi AIA menawarkan jasa asuransi. Saat ia ditawarkan oleh agen, sang agen asuransi AIA hanya memberikan informasi proyeksi keuntungan dan tidak sama sekali menjelaskan risiko-risiko apa saja yang kemungkinan akan ditemui.

“Mereka itu kalau menawarkan asuransi hanya memberikan ilustrasi, kalau ekonomi bagus ya bisa dapat segini. Tidak menjelaskan risiko-risiko yang mungkin akan didapatkan oleh nasabah,” katanya dilansir dari Detik.com.

Seharusnya perusahaan asuransi selain jualan juga harus memberikan edukasi kepada calon nasabahnya. Jadi tidak seolah memaksa calon nasabah untuk masuk.

Para agen saat menawarkan hanya menjelaskan tentang potensi pertumbuhan produk yang dan simulasi berapa keuntungan yang akan didapatkan.

Namun janji tak sesuai dengan kenyataan. Nasabah mengaku hanya mendapatkan uang 30% dari total yang sudah disetor dan tidak mendapatkan uang kembali secara penuh.