Penting! Ini Gejala Tak Biasa Covid-19 Varian Omicron saat Bangun Tidur dan BAB

ZONATIMES.COM – Sebagian orang mungkin mengabaikan gejala omicron yang dialami. Sebab memang, Covid-19 varian omicron ini gejalanya mirip dengan flu biasa. 

Di antara gejala umum, ada salah satu gejala yang penting diwaspadai. Gejala itu muncul saat bangun tidur dan ketika buang air besar (BAB). 

Melansir CNBC Indonesia, sejumlah pasien yang terinfeksi varian Omicron melaporkan bahwa mereka merasakan gejala yang diketahui saat BAB dan bangun tidur.

Sejak pertama kali ditemukan, kasus Covid-19 Omicron memang tidak memicu gejala Covid-19 serupa seperti varian sebelumnya. Sejumlah pasien Covid-19 Omicron di Inggris, misalnya, melaporkan bahwa menderita masalah berupa diare parah yang muncul.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), jika pasien mengalami gejala Covid-19 diare, ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang terpapar Covid-19 Omicron.

Dalam laporannya, CDC menjelaskan bahwa orang dengan sistem kekebalan yang lemah adalah yang paling mungkin mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya.

Data John Hopkins Medicine menunjukkan sekitar 20 persen pasien Covid-19 cenderung mengalami diare sebagai gejala awal setelah terpapar Covid-19 Omicron. Namun, penting untuk diingat bahwa diare ini bukan satu-satunya gejala Covid-19 Omicron.

Umumnya keluhan tersebut diikuti dengan kelelahan, masalah pernapasan, nyeri otot dan tubuh serta sakit kepala atau sakit tenggorokan.

Tidak hanya itu, ada pula kecurigaan terhadap infeksi Covid-19 yang gejalanya terjadi saat bangun tidur. dr Robert ‘Bob’ Wachter asal San Francisco, Amerika Serikat, menceritakan pengalaman anaknya yang terinfeksi omicron mengalami gejala mirip flu yang terjadi saat bangun tidur. Gejala tersebut meliputi sakit tenggorokan, batuk kering, nyeri otot, dan kedinginan.

Sementara itu, gejala yang kurang umum dikeluhkan pasien Covid-19 Omicron adalah kembung, dilaporkan oleh 14% pasien dan gejala sendawa yang dialami 10% pasien. Di sisi lain, muntah adalah keluhan 9% pasien, sementara sakit perut menyerang 7% dari mereka yang keluar dari rumah sakit usai pulih dari Covid-19.

Ada pula gejala Covid-19 lain yang paling banyak dikeluhkan pasien seperti suara serak, menggigil, pusing, kehilangan nafsu makan, hingga mual dan asam lambung. Meski gejala Covid-19 Omicron terbilang ringan, angka penularan yang tinggi memicu kekhawatiran para ahli.

Nah, itulah gejala yang dialami oleh pasien yang terinfeksi Covid-19 varian omicron.