Perjalanan Karier David De Gea, Kiper Andalan Man United dan Timnas Spanyol

ZONATIMES.COM – David De Gea merupakan sosok kiper andalan Man United dan Timnas Spanyol. Ia mulai bergabung sejak 2011 silam.

Selama dua dekade bergabung, David De Gea membuktikan kepercayaan pelatih Man United Sir Alex Ferguson yang memilihnya untuk bergabung. Sir Alex Ferguson memang sengaja mendatangkan David De Gea dari Atletico Madrid kala itu untuk mencari sosok pengganti kiper kawakan Edwin van der Sar.

Sejak awal bergabung pada 2011 lalu, ketika De Gea masih berusia 21 tahun, Sir Alex Ferguson langsung menawarkan kontrak jangka panjang, yakni 5 tahun.

“Dia kiper yang masih muda, amat cepat, cukup sabar, dengan keberadaan yang kuat dan menjadi pengganti yang hebat bagi van der Sar,” tutur Ferguson di Manchester United dikutip Kompas.com.

Kontrak tersebut kemudian terus diperpanjang hingga 30 Juni 2023 nanti. Kontrak panjang tersebut merupakan salah satu bukti pentingnya sosok David De Gea di bawah mistar klub berjuluk Setan Merah.

Sir Alex Ferguson menemukan David De Gea ketika melihat penampilan sang kiper pada Piala Eropa 2011, membela timnas Spanyol U21.

David De Gea mendapat kesempatan sebagai kiper utama timnas Spanyol U21 di ajang tersebut. Dia merupakan jebolan akademi Atletico Madrid dan menghabiskan musim pertamanya sebaga pemain profesional di kompetisi Segunda yang bermain di Divisi B.

Adapun pertandingan pertamanya sebagai pemain senior adalah sebagai kiper cadangan Atletico Madrid saat melawan Porto di Liga Champions pada 2009.

Di level timnas Spanyol, David De Gea menjalani debutnya di senior pada tahun 2014, ketika usianya 23 tahun.

De Gea menjadi penerus sosok Iker Cassilas di La Furia Roja, julukan timnas Spanyol. Hingga saat ini, namanya selalu berada di daftar skuad inti timnas Spanyol. Dia belum tergeserkan oleh nama-nama baru seperti Kepa Arrizabalaga maupun Pau Lopez.

Biodata David De Gea

Nama: David De Gea Quintana

Tempat lahir: Madrid, Spanyol Tanggal lahir: 7 November 1990

Kebangsaan: Spanyol

Kaki dominan: Kanan

Karier

Atletico Madrid (2009-2011)

Manchester United (2011-sekarang)

Prestasi

Atletico Madrid: Liga Europa (2009-2010), UEFA Supercup (2010-2011)

Man United: English Super Cup (2012) Liga Inggris (2013) FA Cup (2016) Liga Europa (2016-2017)