Project Luar Biasa, Nusantara Health Security Project Di Luncurkan

ZONATIMES.COM – Jumat, 11 Februari 2022, program yang dinamai Nusantara Health Security Project resmi dibuat secara daring bersama AIHSP, yang merupakan Kemitraan Indonesia Australia untuk Ketahanan Kesehatan.

Proyek ini dibuat bukan semata lintas kampus, akan tetapi hadir sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam Program Vaksinasi Nasional. Andrey Andoko selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMN berkata, kalau program kampus ini juga masuk kedalam bagian dari VISI UMN agar bisa lebih memperkuat kemitraan Internasional.

Tujuan utama adanya program berskala besar tidak lain, agar Vaksinasi akibat merjalelanya pandemic Covid-19 hingga hari ini, dapat menjangkau semua kalangan, terutama penyandang disabilitas dan lansia, guna mewujudkan Indonesia Sehat.

Mengenai pendapat tadi dipertegas oleh Team Leader AIHSP, John Leigh, yang mengatakan kalau pihaknya senang bekerja sama dengan UMN dalam hal peningkatan Kesehatan di Indonesia, supaya nantinya dapat terlindungi plus terhindar dari berbagai ancaman Kesehatan.

Dalam pengaplikasiannya, Nusantara Health Security Project bakal melibatkan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara untuk melakukan sosialisasi secara professional, dengan target komunikasi dua arah mengenai pandemic covid-19 dan vaksinasi agar lebih maksimal dalam hal implementasi.

Mengingat dewasa ini peran multimedia begitu besar pengaruhnya, maka dari itu dimaksudkan mengggunakan Program Kemitraan ini bukan hanya melindungi, akan tetapi dapat memberikan perubahan besar terhadap perilaku masyarakat dalam melindungi dirinya dan keluarga dari efek adanya Covid-19.

Terdapat 6 peran mahasiswa di program NHSP (Nusantara Health Security Project) yang diketuai oleh Irwan Fakhruddin, dengan penerapan terhadap tiga tim dari enam orang tersebut, antara lain :

Peran Mahasiswa Dalam Program NHSP

1. Videographer

2. Visual Designer

3. Community Relations/Media Relations

4. Campaign Planner

5. Copywriter/Content Writer

6. Social Media Strategist.

Terdapat harapan besar dalam program ini, supaya nantinya juga dapat direplikasi di Universitas lain, sehingga isu terkait public health skala nasional sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah cepat teratasi, dan hasilnya maksimal.

Selain meningkatkan kemitraan internasional, proyek besar UMN yang melibatkan Tri Dharma Perguruan tinggi di bidang penelitian dan pengajaran, juga merupakan pengabdian terhadap masyarakat Indonesia. Harapannya, program Nusantara Health Security Project bermanfaat, serta menjadi solusi jitu dalam hal penyelesaian pandemic Covid-19.