Satu Jemaah Tabligh Asal India di Gowa Positif Covid-19, 23 Orang Diisolasi

ZONATIMES.COM, Gowa – 24 Jama’ah Tabligh Warga Negara Asing (WNA) asal India selesai jalani pemeriksaan rapid test di Gowa, 1 diantaranya dinyatakan positif.

Hal dikatakan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berdasarkan hasil rapid test yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Dari 24 orang WNA yang diperiksa rapid test, ada seorang di antaranya positif terjangkit virus Covid-19. Saat ini yang bersangkutan akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan isolasi,” kata Adnan Purichta Ichsan kepada wartawan, dikutip kompas, Senin (13/4/2020).

Sementara, 23 WNA yang hasil rapid testnya negatif masih diisolasi di Markas Dakwah Masjid Jami Al Hidayah, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Adnan juga menginstruksikan untuk penyemprotan cairan disinfektan secara menyeluruh di Markas Dakwah Masjid Jami Al Hidayah.

“Kita berikan mereka sembako untuk kebutuhan selama 14 hari bagi 23 WNA India diisolasi di Markas Dakwah Masjid Jami Al Hidayah. Lurah, Binmas dan Babinsa akan melakukan pengawasan selama 14 hari untuk memastikan mereka terkarantina (isolasi mandiri),” tuturnya.

Adnan mengungkapkan 24 WNA India tersebut bukan bagian dari Jemaah Ijtima Dunia 2020 Zona Asia,

“Riwayat perjalanan mereka di Indonesia sejak Desember 2019 akan melakukan dakwah di Provinsi Sulbar hingga Sulsel. Karena situasi yang tidak memungkinkan, sehingga tak melaksanakan giat tersebut sampai saat ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, kedatangan 24 WNA India itu di Indonesia terbagi dalam tiga kelompok Jemaah Tabliq Negara India.

“Mereka berencana kembali ke negaranya menumpangi pesawat rute penerbangan Jkt-Kualalumpur-New Delhi. Namun tertunda karena sampai saat ini India dalam status lockdown,” ucapnya.