Sulsel Raih Penghargaan Ketahanan Pangan Terbaik di Indonesia

ZONATIMES.COM, Makassar – Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian (Kementan) merilis capaian ketahanan pangan tiap daerah selama periode 2018-2020. Dari hasil analisis itu, Badan Ketahanan Pangan menetapkan Sulawesi Selatan sebagai Provinsi dengan Ketahanan Pangan Terbaik Periode 2018-2020.

Nama Sulsel diumunkan pada acara  Ekspose Progres Ketahanan dan Kerentanan Pangan  2018 – 2020 yang dilaksanakan secara daring, Rabu (07/04/2021). Penghargaan diberikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pangan Dr Ir Agung Hendriadi, M.Eng kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulsel Ir Fitriani MP.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Zonatimes.com, Fitriani MP menyampaikan rasa syukur atas capaian itu. “Ini hasil kerja keras semua pihak di Sulsel. Penghargaan ini merupakan wujud prestasi kita srmua untuk mencapai kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan,” kata Fitriani, Kamis (08/04/2021).

Fitriani mengatakan, ada tiga faktor yang dinilai untuk mengukur Indeks Ketahanan Pangan suatu daerah yakni ketersediaan, akses, dan manfaat pangan.

Ia melanjutkan,  berdasarkan peta kerawanan dan kerentangan pangan,  Sulawesi Selatan  berhasil menurunkan daerah rawan pangan menjadi tahan pangan. Selain itu ketersediaan pangan pokok strategis selama tiga tahun terakhir di Sulsel juga cukup tersedia.

Pemerintah Sulawesi Selatan memiliki stok  rata-rata di atas 2 juta ton per tahun, sehingga mampu memasok beberapa provinsi di Indonesia.

“Keberhasilan ini dicapai merupakan  hasil kerja keras dan kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta dukungan  pemangku kepentingan lainnya.