16 dari 40 Wartawan di Wajo Terima Vaksin Covid-19, Sisanya?

Gambar Gravatar
Minggu, 07 Mar 2021, 7: 40 pm-Regional

ZONATIMES.COM, WAJO – Sebagai pekerja publik, wartawan mendapat prioritas vaksinasi Covid-19. Tidak terkecuali wartawan yang bertugas di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Sayangnya, jatah Vaksin Sinovac untuk wartawan di Wajo belum mencapai 50%. Berdasarkan data yang dipaparkan Kasubag Humas Kominfo Wajo, Asriani, tercatat ada 40 wartawan yang bertugas di Wajo. Jumlah tersebut terdiri dari wartawan media cetak, online, dan televisi.

Seperti diberitakan Beritasulsel.com, vaksinasi Covid-19 bagi kalangan wartawan berlangsung di Kodim 1406 Sengkang, Kamis (4/3) lalu.

Namun, sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kalangan wartawan tidak mencapai 50%. Dari total 40 wartawan, baru 16 diantaranya mendapat jatah Vaksin Sinovac. Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Wajo Abdul Wahab Limpo sendiri tidak lolos screening.

Pihak wartawan menyesalkan vaksinasi Covid-19 yang tidak merata. Harapannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo Drg. Armin M.Kes untuk melakukan verifikasi secara faktual. Agar vaksinasi Covid-19 untuk insan pers merata.

Merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 84 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten/kota seharusnya melakukan pemetaan sasaran prioritas vaksinasi. Pemetaan itu disesuaikan dengan kriteria yang masuk daftar prioritas menerima Vaksin Sinovac.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan di kabupaten/kota merencanakan fasilitas pelayanan kesehatan. Serta sumber daya lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing.