Aurel Hermansyah Jalani Puasa Mutih Jelang Pernikahan

Gambar Gravatar
Rabu, 31 Mar 2021, 7: 55 pm-Selebrity

ZONATIMES.COM – Aurel Hermansyah menjalankan puasa mutih jelang pernikahannya dengan Atta Halilintar.

Dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya, Aurel Hermansyah menjelaskan alasan puasa mutih yang tengah dijalani.

“Puasa mutih katanya supaya nanti pas nikah manglingi, biar cerah, biar glowing,” kata putri sulung Anang Hermansyah dan Krisdayanti itu.

Lantas, apakah puasa mutih merupakan tradisi yang sering dilakukan jelang pernikahan?

Pengertian dan Kegunaan Puasa Mutih

Di dalam tradisi masyarakat Indonesia, terdapat istilah puasa mutih. Banyak kontroversi dan juga pendapat mengenai puasa mutih ini di masyarakat.

Dilansir dari Dalamislam,com, puasa mutih adalah suatu ritual puasa yang dilakukan dengan cara tidak makan dan minum, kecuali hanya makan nasi putih dan air putih seadanya.

Puasa ini dikenal di kalangan orang-orang yang memiliki kepercayaan terhadap aliran kejawen dan tradisi-tradisi tertentu, khususnya di tradisi Jawa. Tujuan dari puasa ini adalah untuk mendapatkankan ilmu ghaib, supranatural, dsb.

Istilah puasa mutih berasal dari istilah jawa. Kata putih menjadi mutih, yang berarti memutihkan. Secara filosofis, maknanya bisa agar orang yang melaksanakan puasa tersebut menjadi putih hatinya, bersih jiwanya, dan mendapatkan keberkahan sebagaimana filosofis warna putih.

Puasa mutih ini biasanya dilakukan pada tanggal tertentu saat bulan purnama, memperlihatkan sinar putih. Biasanya terjadi pada tengah-tengah bulan, menurut perhitungan kaldender islam/kalender hijrriah.

Bagi masyarakat atau orang-orang yang memiliki keyakinan terhadap puasa mutif, mereka percaya puasa mutih adalah salah satu cara untuk membersihkan hati dari berbagai penyakit hati dan dosa.
Selain itu, mereka pun meyakini dengan puasa mutih mereka akan mendapatkan hidayah Allah, mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam diri-nya. Mereka meyakini pula dengan puasa mutih mereka akan mendapatkan pahala yang besar.

Manfaat Puasa Mutih

Dalam ilmu kesehatan, puasa dikenal sebagai proses untuk treatment atau terapi kesehatan tertentu. Misalnya saja, orang yang terkena penyakit gula atau diabetes, dia harus berpuasa dari makan-makanan berkabohidrat tinggi, gula, atau manis-manis, dan hanya diperbolehkan minum air putih serta makanan yang hambar rasanya.

Proses puasa membuat tubuh mengeluarkan racun-racunnya secara optimal, karena saat itu tubuh berhenti untuk mencerna makanan. Kerja tubuh menjadi lebih ringan dan banyak membakar lemak tubuh serta sisa-sisa racun yang bisa jadi belum teroptimalkan untuk dibuang saat manusia lebih banyak makan sepanjang waktu aktivitasnya.