oleh

12 Tips Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Gadget

Gambar Gravatar-Teknologi - 2 September 2019

ZONATIMES.COM – Era sekarang dimana tekhnologi semakin canggih, gadget menjadi sebuah benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Ditambah kehadiran internet yang memang banyak memberikan manfaat bagi manusia, pekerjaan menjadi lebih mudah dan beragam informasi lebih cepat diakses sehingga tidak heran jika gadget selalu dibawa kemanapun kita pergi.

Dengan banyak informasi dan hiburan yang disediakan membuat gadget menjadi benda wajib yang selalu dibawa bawa, baik oleh orangtua, dewasa, remaja bahkan sampai ke anak–anak. Tidak heran anak–anak masa kinipun juga telah mengenal gadget, tidak masalah jika gadget diperkenalkan kepada anak karena banyak informasi positif yang bisa menambah wawasan anak, tetapi tentu orang tua harus memberikan batasan bagi anak sebab seringkali terjadi pada anak adalah menggunakan gadget tidak sesuai dengan kebutuhan. Bahkan yang sering terjadi adalah penggunaan internet secara berlebihan dan tidak sedikit diantaranya menyalahkan internet untuk hal hal negative.

Inilah yang menjadi kekhawatiran para orang tua, karena penggunaan gadget berlebihan kepada anak sangat tidak baik untuk perembangan anak dan jika anak sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.
Memang banyak yang bisa anak pelajari dalam gadget dengan sendirinya, seperti doa-doa dan hafalan, lagu lagu anak, pelajaran-pelajaran sekolah, permainan-permainan modern yang bisa mengasah kecerdasan otak anak, dan juga penting nih hehe supaya anak tidak gaptek.

Namun perlu diketahui orang tua, dalam gadget selain manfaat juga terdapat ancaman yang bisa mengintai anak anda jika dibiarkan terlalu lama bermain gadget. Selain ancaman konten pornografi, konten informasi yang begitu cepat juga membuat anak rela menghabiskan waktu bersama gadget, gadget menjadi teman terbaik.
Memilukan jika dahulu anak menghabiskan waktu bersendau gurau dengan permainan tradisional bersama teman- teman, kini kehidupan bermain anak seolah lenyap ditelan zaman sekarang.

Penggunaan gadget yang berlebihan bagi anak juga akan merusak kesehatan mata, berpengaruh pada perkembangannya, dan akan menumbuhkan anak yang introvert yang selalu menyenangi waktu sendiri dan tidak bisa berbaur dengan lingkungan sekitar, sehingga hal ini akan membuat anak bisa saja sulit mendapatkan teman dalam lingkungannya. Hal ini menjadi dampak yang ditakuti orang tua bagi anak yang sudah kecanduan menggunakan gadget.

Orang tua tahu bahwa anak adalah tititpan dari tuhan yang harus dijaga dan dididik, untuk itu bagi anda yang mungkin mengalami permasalahan anak yang sudah kecanduan bermain gadget maka berikut solusi untuk menghilangkan kecanduan tersebut:

1. Memberikan Batasan Waktu Pada Anak

Memberikan batasan waktu pada anak yang sudah kecanduan dengan gadget mungkin akan susah bagi anda, anak-anak yang sudah kecanduan dengan gadet membuat anak seperti tidak dapat menjalankan kehidupannya, namun memberikan batas waktu menjadi pilihan tepat untuk mengatur waktu bermain, belajar dan waktu beristrahat anak, misalnya memberikan batasan waktu untuk menggunakan gadget hanya pada saat weekend, atau boleh menggunakan gadget di hari senin sampai jumat namun pada saat usai belajar dan dengan batas jam yang ditentukan, walaupun mungkin sebagian anak akan memberikan respon yang berlebi seperti rasa cemberut, marah bahkan sampai menangis histeris saat gadget mereka diambil, namun bukan berarti anda mengambil atau merampas gadget itu selamanya kan?

2. Memberikan Reword Kepada Anak Anda

memberikan reword atau spirit kepada anak menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kecanduan dengan gadget, berikanlah motifasi kepada anak jika berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. jika biasanya anak bermain gadget 3-4 jam sehari berubah menjadi 1-2 jam ada baiknya anda memberikan hadiah secara bertahap, sehingga anak anda akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

3. Membatasi Pengunaan Jaringan Internet Di Rumah

Umumnya di era modern saat ini , para orang tua memilih memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. namun perlu anda ketahui bahwa dampak hal itu akan membuat anak kecanduan gadget. sambungan internet dengan mudahnya mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. tak heran jika anak menjadi pribadi individualis yang mengurung diri di kamar untuk bermain internet. untuk itu perlu membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan.

4. Memberikan Mainan Alternatif

Memberikan mainan alternatif kepada anak mejadi salah satu solusi agar anaak tidak kecandua gadget, seperti boneka, mobil-mobilan. mainan masak memasak, bola bola, dll . Setidaknya anak anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. selain itu, jika anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah anak bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya bagi anak .

5. Sibukan Waktu Kegiatan Anak

Dengan semakin banyak waktu luang yag dimiliki anak akan semakin membuat mereka bosan dan setelah merasa bosan, gadget akan menjadi pilihan untuk mereka mainkan. untuk itu tidak ada salahnya mengalihkan kebosanan anak pada kegiatan-kegiatan yang bisa menyibukan hari-harinya.
Ada banyak pilihan yang bisa ada berikan untuk memberikan kesibukan yang bermanfaat bagi anak seperti: les bahasa inggris, les bernyanyi, les piano, les renang dan lain sebagainya. dengan begitu waktu tidak akan terasa bagi anak, yang akan membuat mereka beristrahat setelah melakukan aktifitasnya.

6. Biarkan Anak Anda Bermain di Luar

Banyak orang tua yag merasa was-was sehingga tidak mengizikan si kecil bermain di luar rumah. dengan tujuan ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang bisa saja menimpanya karea pergaulan tidak baik di luar rumah. Misalnya ajakan dari teman-teman sebaya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, dan yang lainnya. Namun ada baiknya anda sebagi orag tua memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah, sehingga anak merasa tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

7. Berdiskusi Dengan Anak Anak Anda

Berdiskusi bersama dengan menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan kecandua gadget pada anak. Jelaskan pada anak maksud anda membatasi penggunaan gagdet, bahwa hal tersebut semata-mata anda lakukan demi kebaikan mereka. Selain itu, berikan pula pemahaman bahwa ketika mereka kecanduan dengan gadget dan internet akan banyak dampak buruk yang mereka dapatkan, seperti insomnia, dan mejadi pribadi tertutup sehingga akan menyulitkan mereka dimasa depan.

8. Mengajak Anak Untuk Mengenali Alam Semesta

Jika anda memiliki waktu luang setelah selesai megerjakana pekerjaan kantor maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah, di pantai, ataupun dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu membuat anak sejenak akan lupa dengan gadgetnya, karena sudah asik menikmati pemandangan alam di sore hari.

9.Mengajak Anak Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebayanya

Yang menyebabkan salah satu anak memilih bermain gadget karena tidak memiliki aktifitas bermain dengan teman sehingga sebaiknya orang tua perlu mengajak anak untuk bermain kepada teman sebayanya, anda bisa mengundang teman-temannya untuk ke rumah atau bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah atau tetangganya. Dengan banyak teman maka anak akan memiliki kesibukan baru dan bisa menjauhkan dia dari gadget.

10. Meluangkan Waktu Anda Untuk Anak

Proses pembentukan anak tidak bisa lepas dari peran orang tua, Apabila anda menginginkan anak anda tidak kecanduan gadget maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bermain dan megajari bayak hal ke anak anda. Perlu anda ketahui merasa sepi dan kurang perhatian dari orang tua membuat anak memilih bermain gadget. Oleh karena itulah, jangan hanya sibuk bekerja di kantor, ingat anak anda di rumah.

11. Jadilah Panutan.

Untuk membuat anak menjadi baik maka orang tua juga harus meujukkan sikap baik, karena orag tua adalah panutan untuk anak-anaknya. Anak akan cenderung megikuti kebiasaan orang tuanya jadi, Jangan salahkan anak betah lama bermain gadget kalau kita sendiri nonstop whatsapp-an atau setiap 5 menit sekali membuat postingan di Facebook atau instagram.

Sebagaimana buah kelapa jatuh tidak jauh dari pohonnya. Jika ingin mengendalikan anak bermain gadget, cobalah kendalikan diri kita untuk tidak berlama-lama menyentuh smartphone. Maka Dalam situasi dan kondisi tertentu, buat aturan, misal, tidak bermain handphone saat makan bersama atau pada jam-jam tertentu.

12. Mendatangka Ahli

Mendatangkan ahli menjadi solusi terakhir jika memang anak masih saja kecandua dengan gadget. Perlu penanganan khusus sehingga Orangtua sebaiknya mendatangi ahli, entah psikolog atau psikiater, bila langkah-langkah di atas sudah diterapkan, tapi tidak berhasil.
Anak semakin sulit diatur, sering mengamuk bila gadgetnya diambil, dan menunjukkan perilaku lain yang sangat mengganggu.Ahli akan mengobservasi penyebab kecanduan gadget pada anak. Kemudian akan melakukan berbagai intervensi untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak..

Komentar

Baca Juga