Fitur Baru WhatsApp, Bisa Dipakai 4 Perangkat Tanpa Smartphone

Gambar Gravatar
Rabu, 10 Nov 2021, 11: 18 am-Apps

ZONATIMES.COM – Selama ini, jika kamu ingin menggunakan WhatsApp di desktop atau komputer tidak bisa dilakukan tanpa mengaktifkan smartphone. Karena, pada dasarnya, keduanya harus saling terhubung. 

Kelemahannya adalah jika misalnya smartphone kamu kehilangan koneksi internet, atau mati, kamu tetap tidak bisa menggunakan WhatsApp pada desktop. Ya, tetap ribet juga dan tidak dapat menolong jika berada dalam situasi genting. 

Nah, untuk mengatasi kekurangan tersebut, WhatsApp memperbarui layanannya. Layanan tersebut diluncurkan untuk memudahkan penggunanya tetap bisa terhubung ke desktop tanpa smartphone harus diaktifkan atau terkoneksi dengan internet. 

Melansir Liputan6.com, fitur ini masih dalam versi beta, tetapi hampir semua pengguna dapat menikmati fitur ini. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menautkan perangkat sekali sebagai bagian dari penyiapan atau integrasi.

Sekarang, jika smartphone kamu mati atau kehilangan koneksi, kamu masih dapat mengirim dan menerima pesan di WhatsApp versi desktop

Proses penyiapan mengharuskan kamu membuka WhatsApp Web dan memindai kode QR, tetapi setelah kamu menjalankannya, kamu dapat beralih ke aplikasi desktop sepenuhnya.

Berikut langkah-langkah menghubungkan WhatsApp tanpa harus terhubung dengan smartphone.

Dengan fitur baru ini, kamu bahkan bisa menghubungkan WhatsApp hingga di 4 perangkat berbeda, baik versi Web, Desktop, serta Portal pada satu akun WhatsApp. Seluruh akun tetap dapat aktif secara mandiri, meski smartphone utama tidak terhubung.

Meski tidak terhubung, aplikasi WhatsApp memastikan seluruh percakapan tetap dilindungi enkripsi end-to-end. WhatsApp juga mengingatkan bukan berarti akun di luar perangkat utama tidak akan terputus, meski dapat aktif secara mandiri.

Dalam keterangan tertulisnya, WhatsApp menjelaskan, “Jika kamu tidak menggunakan smartphone-mu lebih dari 14 hari, perangkat yang terhubung dengan akun milikmu akan terputus”. 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pada Android

1. Buka WhatsApp, Pilih More Options

2. Ketuk Linked Devices

3. Ketuk Multi-device beta

4. Ketuk Join Beta

5. Lalu pindai kode QR dari WhatsApp Web untuk membuatnya terhubung

Pada iPhone

1. Pilih WhatsApp Settings

2. Ketuk Linked Devices

3. Ketuk Multi-Device Beta

4. Ketuk Join Beta

5. Lalu pindai kode QR dari WhatsApp Web untuk membuatnya terhubung

Nah, itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghubungkan WhatsApp tanpa mengaktifkan jaringan pada smartphone kamu.