Ternyata Ini Alasan Pengguna Instagram Wajib Konfirmasi Tanggal Lahir

Gambar Gravatar
Rabu, 01 Sep 2021, 12: 33 pm-Apps

ZONATIMES.COM – Instagram merupakan salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Aplikasi berbagi foto dan video Instagram kini akan meminta pengguna untuk memasukkan atau mengonfirmasi tanggal lahir. 

Alasan pengguna Instagram wajib mengonfirmasi tanggal lahir guna membantu layanan tersebut dapat mempersembahkan konten yang sesuai dengan umur pengguna.

Dikutip dari Antara, Instagram telah melakukan eksplorasi untuk membuat aplikasi versi anak-anak di bawah 13 tahun. Namun, pada Selasa (31/08/2021) anggota parlemen mendesak membatalkan rencana tersebut.

Alasannya, karena menilai Facebook, pemilik Instagram memiliki catatan serius karena dianggap gagal melindungi anak-anak di platform sosial media mereka.

Pihak Instagram mengatakan akan meminta pengguna untuk memberikan konfirmasi terkait tanggal dan tahun kelahiran ketika membuka aplikasi ini nantinya.

Pada Juli lalu, Instagram membuat akun pengguna baru yang berusia di bawah 16 tahun langsung menjadi akun privat. Para pengguna wajib mengisi data yang dibutuhkan itu untuk terus menggunakan Instagram. 

Meski demikian, protokol yang dilakukan ini akan dialami oleh sejumlah akun yang sebelumnya tak mengisi data tanggal dan tahun kelahiran mereka.

Instagram menjelaskan, langkah ini diambil karena sebagian pengguna memalsukan tanggal lahir dalam mengakses layanan yang mereka berikan. Maka dari itu, media sosial ini tengah mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi masalah tersebut.

Intinya, Instagram meminta agar pengguna mengonfirmasi tanggal lahir agar pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut.