Cara Membuat Grup Telegram dan Channel di Android & iPhone

Gambar Gravatar
Selasa, 07 Jun 2022, 10: 45 pm-Apps, Teknologi, Tips & Trik

Telegram, aplikasi chating masakini yang banyak diminati oleh banyak pengguna di tanah air. Ada banyak yang di unggulkan jika dibanding aplikasi sejenis, seperti cara membuat grup di telegram yang bukan hanya mudah, akan tetapi disini juga memungkinkan siapa saja membangun channel / grup dengan jumlah pengikut jauh lebih banyak ketimbang whatsapp.

Tidak hanya sampai disitu saja, berbagai kemudahan serta optimalisasi juga ditambahkan didalamnya, yang makin membuat pengguna tidak perlu repot membalas pesan satu persatu ketika ada pesan dalam jumlah banyak masuk, yaitu dengan BOT Telegram.

Fitur tersebut nantinya dapat di isi dengan perintah sesuai dengan konfigurasi yang telah disediakan oleh telegram. Sehingga nantinya, cukup mengetikan perintah dalam bentuk kata, maka secara otomatis pengunjung dari channel dapat mengetahui informasi yang telah disediakan oleh si pemilik grup/channel.

Mengenai cara pembuatan grup di telegram juga di jamin mudah, dan pastinya tidak ribet. Di sisi lain, pengguna juga dapat membuatnya dalam jumlah banyak, yang nantinya dapat memberikan manfaat lebih bagi si pembuat grup itu sendiri. Lantas seperti apakah caranya ? langsung cek saja dibawah ini.

Tutorial Cara Membuat Grup Di Telegram

Seperti yang kami sebutkan di atas, buat grup di telegram itu mudah dan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Untuk mengaksesnya juga cukup masuk menu pengaturan yang tersedia, lalu tinggal ikuti setiap langkah berikut.

1. Open / Buka Aplikasi Telegram

2. Tekan ikon berbentuk Pensil yang berada di pojok kanan bawah

3. Lalu pilih New Group / Grup Baru

4. Kemudian tinggal masukan anggota grup dari kontak yang tersedia

5. Selanjutnya tinggal pilih opsi Lanjut / Next yang berada di pojok atas

6. Buatlah Nama Group atau Channel

7. Pasang foto profile group

8. Isi informasi group

Informasi group atau channel telegram menjadi sangat perlu untuk diperhatikan, karena nantinya dari sinilah pemilih grup atau chanell telegram memberikan pengetahuan mengenai fungsi dari group itu sebenarnya. Selain itu, juga dapat di isi dengan informasi – informasi penting lainnya.

Membuat Pengaturan Khusus Di Grup / Channel Telegram

Kaya akan fitur, membuat telegram banyak diminati oleh berbagai pengguna smartphone, baik itu Android atau iPhone. Salah satunya sudah kami sebutkan di awal, yakni terdapat mengaktifkan BOT Telegram, yang dapat di sinkronasikan dengan pengaturan yang di butuhkan.

Sementara itu, dengan aplikasi chatting populer ini, nantinya memungkinkan pembuat grup atau admin membatasi siapa saja yang dapat chat didalam grup, atau hanya admin saja yang dapat mengirim pesan di grup guna memudahkan pengunjung menyimak berbagai informasi didalamnya, tanpa harus melihat komentar dari orang lain yang ada di grup, dan caranya juga sama mudahnya seperti ketika membuat grup, da

1. Masuk / Pilih Group dan Tekan ikon pensil dibagian atas

2. Lalu pilih opsi menu IZIN yang muncul

3. Kemudian pilih Nonaktifkan semua izin anggota

Jika anda memilih untuk mengaktifkan opsi menu di atas, itu berarti tidak ada yang bisa mengirim pesan atau chat di Grup / Channel selain anda sebagai pemilik. Namun, jika anda sebagai pemilih menghendaki banyak yang berkomentar didalam grup, nantinya tinggal masuk menu tadi, lalu Aktifkan.

Bagaimana ? mudah bukan pengaturan di Telegram, disamping itu fitur yang terdapat pada aplikasi ini juga kaya, sehingga bisa dibilang aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki banyak pengikut, misal saja bagi anda seorang enterprenur atau entertainer, penjual maupun pedagang online.