Hati-hati Download Game Gratis di Internet, Hacker Selipkan Malware

Gambar Gravatar
Senin, 28 Jun 2021, 11: 56 am-Game

ZONATIMES.COM – Para gamers harus hati-hati apabila download game gratis di internet. Karen para hacker menyematkan malware lewat game gratis. Bahasa malware bisa menginfeksi personal computer (PC) Anda. 

Seperti diberitakan Kontan yang melansir BBC, sekelompok hacker menyematkan malware bernama Crackonosh lewat game yang gratis yang dibagikan lewat forum-forum di internet. 

Malware Crackonosh ini bisa membuat PC penggunanya melakukan mining cryptocurrency tanpa sepengetahuan.

Beberapa judul game yang tersebar lewat forum-forum di internet yakni, GTA V, Pro Evolution Soccer (PES) 2018 dan NBA2K19.

Avast yang merupakan perusahaan yang membuat antivirus juga melaporkan bahwa setidaknya ada puluhan ribu PC yang terinfeksi malware tersebut. Sementara itu, malware tersebut menyebar ke 800 PC setiap harinya.

Efek dari malware tersebut yakni PC menjadi lambat karena melakukan pekerjaan mining yang menguntungkan komplotan hacker tersebut.

Malware Crack Nosh ini juga akan mematikan beberapa fungsi PC, seperti mematikan fitur update dan seluruh fitur keamanan.

Cara Menghilangkan Malware dari PC

Jangan khawatir, ada cara untuk menghilangkan malware dari PC Anda. Caranya dengan menghapus schedule task, file dan registry keys. Avast telah membagikan langkah-langkah tersebut lewat blog resmi Avast.

Malware Crack Nosh paling banyak tersebar di negara seperti: Brazil, Filiphina, Polandia, India dan Amerika Serikat, dengan masing-masing lebih dari 10.000 korban.

Komplotan yang memanfaatkan PC korban untuk melakukan mining dikabarkan telah meraup keuntungan lebih dari $ 2 juta dolar AS (sekitar Rp 28 M). 

Meskipun ada banyak game yang tersebar di internet, Anda perlu cek kembali apakah sumbernya merupakan penyedia resmi atau bukan.

Apabila Anda ingin download game di internet, sebaiknya lewat beberapa platform resmi yang tersedia. Sperti Steam, Epic Games Store, GOG dan masih banyak lagi yang membagikan game gratis secara resmi dan legal.