GeNose Bisa Deteksi Covid-19 dalam 80 Detik dengan Embusan Napas

Gambar Gravatar
Jumat, 22 Jan 2021, 10: 26 am-Teknologi

ZONATIMES.COM,- GeNose merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. Alat ini merupakan inovasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Alat yang sudah diluncurkan sejak 24 September 2020 ini bisa mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas dalam waktu 80 detik saja.

Dilansir dari laman resmi UGM, anggota tim peneliti GeNose, Kuwat Triyono menjelaskan cara kerja GeNose. Kata Kuwat Triyono, GeNose sebelumnya bisa mendeteksi Covid-19 dalam waktu 3 menit.

Setelah uji coba kembali, kemampuan GeNose dalam mendeteksi infeksi Covid-19 hanya dalam 80 detik.

Selain kecepatan dalam mendeteksi, GeNose juga lebih terjangkau dibandingkan dengan tes usap PCR. Satu unit GeNose dihargai Rp 40 juta. Tiap satu unit GeNose dapat digunakan untuk 100 ribu pemeriksaan. “Untuk saat ini kemampuan produksi optimum sekitar 50 ribu unit per bulannya,” ungkap Kuwat Triyono.

Salah satu peneliti GeNose, Dian Kesumapramudya Nurputra, memaparkan GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas melalui embusan napas ke dalam kantong khusus.

Setelah itu, GeNose mengidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence AI).