Internet Explorer Bakal ‘Pensiun’ pada 2022

Gambar Gravatar
Kamis, 20 Mei 2021, 3: 54 pm-Teknologi

ZONATIMES.COM – Internet Explorer adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Kabarnya pada Juni 2022 mendatang Internet Explorer akan berhenti beroperasi. Internet Explorer  tercatat sudah lebih dairi 25 tahun beroperasi.

Dilansir dari The Verge, proses penghentian dukungan itu akan dimulai pada 30 November 2021 mendatang sebelum secara resmi pensiun.

Selama ini,  salah satu web browser ini tak lagi banyak digunakan oleh konsumen. Hingga pada akhirnya, Microsoft menyetop Internet Explorer.

“Kami mengumumkan bahwa masa depan Internet Explorer di Windows 10 ada di Microsoft Edge,” kata Sean Lyndersay, manajer program Microsoft Edge, dikutip dari The Verge, Kamis (20/5/2021).

“Aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan dihentikan dan tidak lagi didukung pada tanggal 15 Juni 2022, untuk versi Windows 10 tertentu,” sambungnya.

Meskipun Long-Term Servicing Channel (LTSC) Windows 10 masih akan menyertakan Internet Explorer tahun depan, tapi semua versi konsumen akan menghentikan dukungan browser tersebut.

Microsoft tidak menjelaskan secara detail, kemungkinan besar pengguna akhirnya akan melihat akhir dari Internet Explorer yang dipaketkan di Windows pada bulan Juni 2022 atau segera setelahnya.

Akhir dari Internet Explorer memang telah lama direncanakan. Microsoft mengakhiri dukungan untuk Internet Explorer 11 untuk aplikasi web Microsoft Teams tahun lalu, dan berencana menghentikannya dari mengakses layanan Microsoft 365 akhir tahun ini.

Internet Explorer 11 tidak lagi didukung untuk layanan online Microsoft seperti Office 365, OneDrive, Outlook, dan lainnya pada 17 Agustus. Microsoft juga telah mencoba menghentikan orang menggunakan Internet Explorer sejak lima tahun lalu.