Jasa Marga Kembangkan Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Gambar Gravatar
Jumat, 26 Mar 2021, 8: 04 am-Teknologi

ZONATIMES.COM – PT. Jasa Marga Tbk. tengah mengembangkan inovasi berupa teknologi bayar tol tanpa berhenti.

Dilansir dari Idxchannel.com, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan tentang bagaimana teknologi tersebut.

Heru mengatakan, pengembangan teknologi bayar tol tanpa berhenti sudah direncanakan jauh-jauh hari. Bahkan, lanjut Heru, uji cobanya sudah dilakukan sebelum berlaku elektronifikasi yang kini menjadi model pembayaran di jalan tol.

“Sejatinya Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi dalam touchless transaction di jalan tol, bahkan sejak sebelum berlakunya elektronifikasi di jalan tol tahun 2017,” kata Heru dalam keterangan resminya Selasa lalu.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Teknologi pembayaran tol tanpa berhenti yang tengah dikembangkan PT Jasa Marga memanfaatkan sticker teknologi Radio Frequency Identification (RFID).

RFID di pasang pada lampu mobil depan bagian kanan. Stiker tersebut terkoneksi ke aplikasi touch less transaction Single Lane Free Flow (SLFF) berbasis teknologi RFID.

Video uji coba yang menunjukkan bayar tol tanpa bayar ini pun sempat viral. Video yang memperlihatkan uji coba kendaraan melintas di gerbang tol dengan fasilitas touchless transaction.

Heru memahami betul bahwa masyarakat menginginkan kehadiran teknologi yang dapat memudahkan dalam pembayaran di tol.

“Kami memahami antusiasme masyarakat dalam penerapan teknologi digital di jalan tol, sehingga kedua video tersebut menjadi viral. Membaca kebutuhan pelanggan ini dan dalam rangka peningkatan pelayanan transaksi,” jelasnya.