Startup Alumni Unhas Sukses Atasi Masalah 7 Juta Pengangguran

Gambar Gravatar
Sabtu, 18 Sep 2021, 10: 21 pm-Teknologi

ZONATIMES.COM, Makassar – Salah satu alumni Unhas bernama M Rizky Eka Arlin, S.T mendirikan startup yang dinamai HELPer Indonesia. Startup yang berdiri sejak 2018 ini sudah berhasil memecahkan masalah 7 juta pengangguran di Indonesia. 

Rizky merupakan alumni Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Unhas. Ia baru saja menyelesaikan studinya tahun ini. Sebagai co-founder pada Startup HELPer Indonesia, Rizky bercerita bagaimana ia membangun perusahaan rintisan tersebut.

Ketertarikan Rizky pada dunia teknologi informasi ternyata muncul sejak ia duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Maka ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi, ia memantapkan diri untuk mengambil Jurusan Teknik Informatika.

Pilihan Rizky mendalami ilmu Teknik Informatika ternyata karena punya motivasi untuk menjadi seorang pengusaha. Dengan menjadi pengusaha, ia berharap bisa membantu perekonomian keluarganya.

Tidak perlu lama untuk mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha. Rizky ternyata mulai merintis usahanya bahkan masih berstatus mahasiswa. “Pada semester empat saya mendirikan perusahaan konsultan dalam bidang pemanfaatan teknologi,” kata Rizky.

Usaha pertama yang dirintis Rizky tersebut tidak dilakukan sendirian. Melainkan, ia mengajak teman-temannya juga tertarik pada dalam bidang pemanfaatan teknologi. 

Menjadi seorang pengusaha benar-benar terwujud. Terbukti ketika Rizky mampu menjadi pimpinan di PT. Carakde Solusi Informatika. Usahanya itu telah membantu banyak pihak dalam melakukan transformasi dan akselerasi dengan memanfaat teknologi informasi. 

Produk terbaru PT. Carakde adalah walet.vip  yang berperan dalam peningkatan produksi sarang walet. Usaha ini mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Kegemaran di bidang teknologi informasi atau information technology (IT) semakin terlihat ketika Rizky terlibat dalam Start-up HELPer Indonesia. Startup tersebut hadir sebagai bentuk kepekaan sosial Rizky yang melihat permasalahan sulitnya mencari pekerjaan. 

Menurut Rizky, Indonesia dengan nilai gotong royong menjadi modal besar untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. HELPer Indonesia hadir dengan harapan bisa menjadi jembatan rezeki bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Kehadiran HELPer Indonesia ini tentunya akan berdampak pada menurunnya angka pengangguran di Indonesia. 

Salah satu misi HELPer Indonesia adalah meningkatkan taraf hidup buruh atau pekerja lepas. Selain itu, HELPer Indonesia juga bisa dimanfaatkan bagi penyedia jasa dengan menghadirkan layanan yang terbaik dan profesional. 

“Pada hakikatnya kita saling membutuhkan. HELPer Indonesia hadir bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan orang lain dengan layanan jasa yang ditawarkan seperti berbelanja, antar barang, asisten pribadi, angkat barang, mengantri, hingga supir pribadi,” tambah Rizky. 

Rizky mengakui, menggeluti dunia startup memiliki suka duka tersendiri. Ia mengaku, dunia startup menjadi sarana belajar berbagai hal, sehingga semakin menambah pengetahuan dan pengalaman. Adapun tantangannya adalah waktu dan tenaga. 

Kendati demikian, Rizky berharap, berbagai kontribusi tersebut bisa memberikan dampak kepada masyarakat. Pula meningkatkan taraf kesejahteraan bagi mereka yang membutuhkan.