Cara Monetasi Akun TiktTok Agar Mendapatkan Uang!

Gambar Gravatar
Sabtu, 17 Apr 2021, 6: 03 pm-Storyinet

Semakin lama, jumlah pengguna TikTok semakin banyak mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Dengan banyaknya pengguna, TikTok kini bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan hiburan saja. Para pengguna khususnya konten creator kini sedang aktif melakukan monetasi pada akun TikTok untuk mendapat keuntungan. Bagaimana cara monetasi akun TikTok tersebut?

Sebelum mengetahui bagaimana caranya, terlebih dahulu kamu wajib mengetahui apa itu monetasi. Monetasi yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu monetize merupakan sebuah kegiatan dengan tujuan untuk menjadikan konten menghasilkan keuntungan berupa sejumlah penghasilan untuk para kreatornya. Jadi, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan mengunggah video atau kontenmu di TikTok.

Ikuti Cara Monetasi Akun TikTok Berikut

Head of Communications TikTok Indonesia, Chatrine Siswoyo mengatakan bahwa TikTok berbeda dengan platform lain yang menyediakan layanan seperti AsSense dan sejenisnya. Namun pernyataan ini tidak meutup kemungkinan untuk para konten creator mendapatkan deals dengan sebuah produk atau merek tertentu. Hal ini membuat TikTok sebagai penghubung antara konten creator dengan suatu brand.

Nah, meskipun TikTok tidak diciptakan secara khusus untuk monetasi, namun kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menggunggah video pendekmu di TikTok. Ini dia caranya!

  1. Mendapatkan Sponsor atau Endorse

Cara yang pertama ini sudah merupakan sumber pendpaatan utama bagi sebagian besar konten creator bukan hanya di TikTok saja. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah memiliki banyak followers dan kontenmu memiliki jumlah likes yang banyak. Jika akun milikmu sudah berkembang, kamu bisa banget nih melakukan cara ini untuk mendapatkan timbal balik sejumlah bayaran dari brand yang berkerjasama.

  1. Menjual Akun TikTok

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan dari TikTok, kamu bisa mengembangkan akunmu agar bisa mendapatkan jumlah followers dan likes yang banyak kemudian menjualnya. Lalu siapa yang akan membeli? Banyak sekali yang akan membeli akun yang sudah berkembang, terutama para konten creator yang baru atau sebuah brand.

  1. Berjualan Di TikTok

Sama seperti sosial media lainnya, TikTok juga memiliki pengaruh yang besar dalam hal online marketing. Saat kamu sudah memiliki jumlah followers dan likes yang banyak, produk yang kamu jual akan dikenal oleh orang banyak. Hal ini tentu akan membawa keuntungan untukmu!

  1. Menggunakan Iklan TikTok

Masih berhubungan dengan online marketing, kamu bisa memanfaatkan iklan di TikTok sebagai ajang promosi untuk bisnis yang kamu jalankan. Sama dengan media sosial lainnya, kamu bisa mendaftarkan produkmu agar bisa diiklankan di platform iklan TikTok untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  1. Penawaran Manajemen Akun

Cara ini termasuk cara yang lama, kamu bisa menaawarkan sebuah jasa untuk membantu seorang konten creator menyusun strategi agar konten mereka lebih menarik. Dengan manajemen akun yang bagus, konten yang diciptakan akan semakin menarik.

Itu dia beberapa cara monetasi akun TikTok yang bisa kamu lakukan. Memang akan terlihat sedikit rumit, namun jika kamu sudah menguasainya pasti akan mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Tunggu apalagi, segera coba dan selamat berkreatifitas!