oleh

11 Tips Sederhana agar Laptop Tidak Cepat Panas

Selasa, 30 Jun 2020, 5: 08 pm
Foto ilustrasi laptop panas (tim zonatimes.com)

ZONATIMES.COM – Penggunaan Laptop dengan jangka waktu yang sangat lama akan membuat laptop menjadi panas, dan panas yang dihasilkan laptop tersebut akan berdampak kepada komponen komponen lainnya yang terdapat pada laptop itu sendiri. Belum lagi di era modern seperti sekarang ini, laptop biasa di gunakan oleh kalangan anak muda yang memainkan Game dengan kualitas spesifikasi tinggi sehingga akan membuat laptop menguras banyak daya baterai serta membuat laptop cepat panas.

Meskipun spesifikasi yang dimiliki laptop terbilang baik, tetapi ketika laptop dalam keadaan panas, akan membuat laptop menjadi lambat. Dan ketika suhu laptop sampai Over Hot, maka akan terjadi sesuatu yang sangat mengerikan serta komponen laptop pun akan terkena dampak buruk pada kesehatan laptop.

Cara Ampuh Mencegah Laptop Agar Tidak Cepat Panas :

1. Meletakkan Laptop Pada Tempat Yang Datar

Ini merupakan satu hal yang perlu diperhatikan, ketika menggunakan laptop kamu harus memerhatikan dimana harus meletakkan tempat yang baik untuk laptop tersebut ketika sedang ingin menggunakannya.

Misalkan ketika laptop diletakkan pada kasur yang empuk, otomatis akan membuat laptop cepat panas, Kenapa? karena kasur dapat menyerap panas pada laptop, dan ketika laptop diletakkan diatas kasur maka laptop akan menjadi semakin panas.

Baca Juga  Begini Menentukan Nominal Harga Desain Dengan Benar Untuk Pemula

2. Menggunakan Pendingin Laptop (Cooling Pad)

Cooling pad berfungsi untuk mendinginkan laptop dengan membawa angin segar masuk ke laptop. Tapi cooling pad ketika digunakan secara asal asalan akan berbahaya karena cooling pad disamping membawa atau mengalirkan udara juga akan membawa debu masuk ke laptop, maka ini merupakan hal yang membimbangkan penggunanya ketika harus memilih apakah akan menggunakan cooling pad atau tidak.

3. Biasakan Untuk Membersihkan Laptop

Mebersihkan Laptop dari kotoran baik itu debu ataupun yang lainnya yang akan membuat laptop terjaga dan terawat.

Salah satu penyebab laptop cepat panas adalah ketika kipas laptop kotor, Jadi biasakan untuk membersihkannya minimal 1 kali sepekan, sama halnya dengan manusia, ketika menjaga kebersihan besar kemungkinan untuk terhindar dari penyakit.

4. Jangan Gunakan Laptop Terlalu Lama

Penggunaan laptop terlalu lama akan menimbulkan panas pada laptop. Sekedar saran ketika menggunakan laptop minimal dalam sehari itu 4 jam. Laptop juga butuh istirahat, karena laptop proses kerja kompennya hampir sama dengan manusia yang butuh istirahat.

5. Menggunakan Alas Yang Punya Banyak Celah Pada Laptop

Menggunakan alas yang punya banyak celah pada laptop berfungsi untuk memperlambat pemanasan pada laptop karena tidak tersentuh langsung dan terdapat banyak pentilasi udara pada bawah permukaan laptop.

Baca Juga  4 Tips Terhindar Dari Bahaya Web Phising

Misalanya alas kipas laptop. Tetapi yang biasa dikhawatirkan juga ketika menggunkan kipas laptop, itu akan membawa debu masuk ke dalam laptop.

6. Memperhatikan Pengoperasian Pada Laptop

Jika menggunakan laptop untuk bermain game, pengguna juga harus memerhatikan aktifitas atau apa yang dioperasikan laptop.

Ketika bermain game yang berat otomatis banyak system pengoperasian yang akan bekerja lebih keras untuk menjalankan gamenya. Sekedar saran, untuk para gamers ketika bermain dengan game berat cobalah untuk meminimalisir waktu penggunaannya dalam bermain.

7. Mengurangi Kecerahan Layar LCD Pada Laptop

Ketika ingin menggunakan laptop cukup lama dan hemat daya, maka salah satu cara yaitu dengan mengatur kecerahan layar LCD laptop. Mengurangi kecerahan tampilan laptop juga termasuk salah satu pencegahan terhadap pengurangan panas pada laptop.

8. Periksa Kipas Laptop

Pastikan kipas yang tertanam pada laptop berjalan dengan normal, Apabila tidak maka segera diperbaiki. Karena ketika kipas yang tertanam pada laptop tidak berfungsi dengan baik maka panas yang dihasilkan pada laptop akan menumpuk didalam dan akan membuat laptop tambah panas serta panasnya akan berdampak pada komponen komponen lain yang terdapat pada laptop.

Baca Juga  Top 5 Film Paling Ampuh Untuk Motivasi Belajar Ngoding

9. Memeriksa Thermal Paste

Pada laptop baru biasanya terdapat gel yang berada dibagian atas Processor dan itu yang membantu agar processor tidak cepat panas. Beda lagi ketika laptopnya sudah lama maka Thermal paste nya akan mengering.

10. Melakukan Setting BIOS

Dengan memakai software khusus untuk mengatur penggunaan daya pada laptop. Pengguna dapat mengatur serta memaksimalkan pemakaian speed fan, yang sangat berguna untuk mengatur suhu processor, drive, serta komponen komponen lain yang terdapat pada laptop supaya tidak cepat panas.

11. Laptop sudah Tua

Ketika laptop yang dimiliki sudah sangat lama, bisasanya dari kebanyakan laptop pada umumnya akan memiliki beberapa gangguan. Diantaranya komponen komponen yang terdapat pada laptop ada yang sudah tidak stabil. Dan biasanya performa laptop yang sudah lama tidak akan sama ketika masih baru. Tinggal anda yang harus memilih, apakah masih ingin bertahan dengan laptop lama anda ataukah membeli yang baru. Jika masih memilih menggunakan yang lama dikarenakan tidak punya budget maka rawatlah laptop anda.

Itulah beberapa tips mengenai Cara Mencegah Laptop Agar Tidak Cepat Panas.

Baca Juga