oleh

Heboh Kamera GoPro di Toilet Mahasiswi UIN Alauddin, Ini Cara Deteksinya

Gambar Gravatar-Tips & Trik - 4 hari lalu

ZONATIMES.COM – Heboh penemuan kamera GoPro di toilet mahasiswi di kampus UIN Alauddin Makassar, yang saat ini kasusnya ditangani oleh pihak kepolisian.

Sebab itu yang merasa khawatir di saat masuk di toilet, kami memberikan tips untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Dikutip dari detiknet dari WikiHow berikut ini beberapa cara untuk mendeteksi ada tidaknya kamera tersembunyi.

1. Cek area yang mencurigakan

Cari secara fisik, maksudnya adalah dengan manfaatkan panca indera kita. Dengarkan apakah ada suara bising atau buzz, klik, dan sejenisnya. Pencarian pada malam hari atau saat suasana sedang sepi biasanya lebih memudahkan.

Selain itu perhatikan sekeliling. Smoke detector bisa jadi tempat untuk meletakkan kamera atau microphone tersembunyi. Biasanya akan mudah menemukan apakah ada microphone atau kamera yang tersembunyi.

Kadang juga disembunyikan pada benda mencurigakan dan berkaca, pastikan adakah benda yang memiliki permukaan kaca atau bahkan lensa.

2. Adakah sinar-sinar?

Cahaya akan memantul dari perangkat atau lensayang terpasang pada kamera, sehingga lebih mudah untuk diperhatikan.

Setelah kamu mengidentifikasi, lihat lebih dekat objek tersebut untuk memastikan apakah itu mungkin sebuah kamera. Beberapa objek reflektif akan mengeluarkan cahaya pada kamera tersembunyi.

Beberapa kamera mungkin juga memiliki lampu LED kecil yang akan aktif dalam gelap.

3. Gunakan smartphone

Gunakan kamera digital atau smartphone untuk mencari infrared. Sebagian besar ponsel dan kamera digital dapat melihat cahaya inframerah yang tidak terlihat oleh mata manusia, dan yang dapat digunakan oleh kamera tersembunyi.

Pindai kamera Anda di sekitar ruangan dan lihat melalui layar untuk mencari sumber cahaya atau kilatan tak terduga, yang mungkin mengarah ke kamera tersembunyi.

4. Perhatikan WiFi

Cari sinyal WiFi aneh di ponsel atau perangkat lain. Beberapa kamera dan mikrofon modern akan mengirimkan data melalui internet, yang berarti mereka dapat diakses dari hampir di mana saja.

Namun, ada juga yang membutuhkan sinyal Wi-Fi untuk mentrasnfer karena itu perhatikan apakah ada WiFi yang mencurigakan. Semoga bermanfaat

Komentar

Baca Juga