Twitter Rilis Fitur Berbagi Tip, Kreator Konten Bisa Dapat Bitcoin

Gambar Gravatar
Jumat, 24 Sep 2021, 4: 49 pm-Teknologi

ZONATIMES.COM – Twitter merilis fitur berbagi tip. Fitur tersebut memungkinkan pengguna kini dapat sharing Bitcoin ke selebtweet atau kreator konten. 

Untuk diketahui, fitur baru ini merupakan perpanjangan fitur Tips yang dirilis Twitter pada Mei lalu.

Fitur berbagi Bitcoin ini pun membuat Twitter menjadi platform media sosial besar pertama yang mendorong penggunanya memakai cryptocurrency sebagai metode pembayaran.

Langkah Twitter untuk mengintegrasikan Bitcoin ke fitur Tips sebenarnya tidak mengejutkan mengingat CEO-nya, Jack Dorsey, adalah salah satu pendukung cryptocurrency.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat memberi Tips dengan mata uang fiat melalui layanan pembayaran seperti aplikasi Cash dan PayPal.

Adapun untuk sharing Bitcoin, Twitter akan menggunakan layanan Strike, sebuah aplikasi pembayaran digital berbasis Lightning Network yang memungkinkan pengguna kirim Bitcoin secara instan.

Belum diketahui pasti kapan fitur berbagi tip Bitcoin ini tersedia di Indonesia. Sebab, layanan Strike sendiri masih terbatas di Amerika Serikat. 

“Strike tersedia untuk orang-orang di El Salvador dan AS (tidak termasuk Hawaii dan New York),” kata Staff Product Manager Twitter, Esther Crawford, dikutip dari Kumparan.com. 

Lebih lanjut pihak Twitter menjelaskan, “Orang-orang di pasar yang memenuhi syarat harus mendaftar untuk akun Strike dan menambahkan nama pengguna Strike mereka untuk menerima tip Bitcoin melalui Lightning Network.”

Twitter menyatakan bahwa fitur sharing Bitcoin akan muncul di iOS pada pekan ini dan Android pada beberapa pekan ke depan.

Twitter juga berencana untuk mengizinkan pengguna menambahkan alamat Bitcoin mereka untuk mengirim dan menerima tip mata uang kripto tersebut. Perusahaan menjelaskan bahwa mereka tidak akan memotong uang dan Bitcoin yang dikirim melalui fitur Tips.