17 Rekomendasi Tempat Destinasi Wisata Kabupaten Kolaka

Gambar Gravatar
Jumat, 05 Jun 2020, 10: 00 am-Destination

ZONATIMES.COM, Travel – Destinasi wisata adalah daerah-daerah yang memiliki keindahan yang sayang jika terlewatkan oleh sebab itu informasi tentang tempat-tempat yang menarik di sekitar anda maupun yang jauh dari tempat tinggal anda sangat penting untuk anda ketahui sehingga anda dapat menjadikannya sebagai tujuan perjalanan anda saat anda sedang liburan.

berbicara tentang destinasi wisata Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, adalah salah satu daerah yang wajib anda kunjungi sebab ada begitu banyak tempat yang dapat anda kunjungi karena kabupaten kolaka juga memiliki tempat-tempat destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan sebagai tujuan liburan. oleh sebab itu melalui postingan ini kami akan menuliskan beberapa rekomendasi tempat wisata di kabupaten kolaka sehingga anda dapat memikirkan atau bahkan merencanakan kunjungan ke tempat tersebut dengan baik.

17 Rekomendasi Tempat Destinasi Wisata Kabupaten Kolaka :

1. Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi Kolaka yang dikenal sebagai salah satu sungai terpendek di dunia
Sungai Tamborasi Kolaka yang dikenal sebagai salah satu sungai terpendek di dunia (phinemo.com/zonatimes.com)

Sungai Tamborsi sangat terkenal di kalangan masyarakat Sulawesi Tenggara bahkan di Indonesia sebab sungai Tamborasi merupakan sungai terpendek di dunia. dikatakan sungai terpendek sebab air tawar yang ada di sungai Tamborasi langsung mengalir ke laut, jadi sungai dan laut nyaris bersambung hanya saja sungai tersebut airnya tawar dan sejuk sedangkan air laut terasa hangat dan asin.

2. Tanjung Kajuangin (kayu angin)

Pantai Tanjung Kayu Angin Kolaka
Pantai Tanjung Kayu Angin Kolaka (FOTO: Istimewa/Kolaka Pos/zonatimes.com)

Destinasi wisata selanjutnya adalah Tanjung Kajuangin atau kayu angin. Tanjung kayu angin berada di desa sani – sani Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka yang merupakan sebuah tempat wisata yakni sebuah tanjung yang memiliki pemandangan yang indah apalagi disekitar tanjung kayu angin terdapat pulau – pulau kecil yang menambah keindahan pemandangan di tempat tersebut.

3.   Gua Firdaus

Gua Firdaus terletak di wisata permandian Ulunggolaka. Pada Gua Firdaus tumbuh pohon beringin yang tergolong cukup besar bahkan saking besarnya pohon tersebut akarnya sampai menembus dinding gua, dalam gua tersebut ada sekumpulan kelelawar yang hidup dengan aman, tentram dan damai .

Berdasarkan keterangan dari pemangku adat setempat, dahulu kala gua ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda – benda pusaka dan di percaya memiliki 7 tingkatan dan tidak sembarang orang dapat mencapai ketujuh tingkatan tersebut, konon hanya mereka yang bersih hatinya dan berniat baik yang dapat mencapai ketujuh tingkatan tersebut .

4. Air Terjun Mangngolo

Tempat wisata selanjutnya adalah air terjun Mangngolo yang berlokasi di daerah hutan lindung Kabupaten Kolaka dengan luas 5200 hektar, di daerah ini terdapat pula permandian air panas bahkan terkadang jika anda beruntung akan ada pemandangan indah yang kemudian dapat memanjakan mata anda yakni ribuan kupu – kupu cantik yang beterbangan ditempat tersebut.

5. Permandian Ulunggolaka

Tempat wisata selanjutnya yang patut anda kunjungi adalah permandian Ulunggolaka  yang terletak di Desa Ulunggolaka Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka, jika dari pusat kota sekitar 12 km ke-arah utara maka anda akan menemukan tempat ini, destinasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan penat, untuk rilex bahkan ampuh untuk menghilangkan stress.

6. Permandian Air Panas Mangngolo

Permandian Air Panas Mangngolo Kolaka
Permandian Air Panas Mangngolo Kolaka (kolakaposnews/zonatimes.com)

di Kecamatan Mangngolo terdapat pula permandian air panas yang lokasinya berdekatan dengan air terjun Mangngolo yaitu Permandian Air Panas Mangngolo, permandin ini di hiasi oleh tebing dengan batu-batu berwarna merah tua serta air terjun mini , di tambah lagi dengan pemandangan hutan tropis yang dapat memberikan kesejukan sehingga sayang banget jika anda tidak kesana. bahkan anda dapat menjelajahi daerah tersebut sembari menikmati keindahan alam sekitar tempat tersebut.

7. Pantai Pitura

Pantai Pitura terletak di wilayah Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka berjarak 75 kilo meter dari pusat kota kolaka dan dapat ditempuh kurang lebih 20 kilo meter dari perbatasan kabupaten bombana.

Tempat wisata ini memiliki keindahan pasir putih dan air laut yang biru dan jernih serta di hiasi dengan pohon pinus yang tumbuh di sekitar pantai, selain itu ada ribuan kelelawar yang bertengger pada pohon pinus sekitar pantai pitura tersebut, namun kelelawar seakan bersahabat dengan setiap pengunjung sebab meskipun pantai ramai dengan pengunjung yang datang setiap hari, kelelawar tersebut bertahan disana sampai saat ini, mereka sama sekali tidak merasa terusik dengan pengunjung pantai.

8. Desa Lakunya

wisata alam sulfur di Desa Lakunya
wisata alam sulfur di Desa Lakunya

Desa Lakunya berada di Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. di desa ini terdapat hamparan daratan sulfur yang membentang seluas 1 hektar bak padang tandus yang sangat eksotis.

Desa Lakunya merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Kabupaten Kolaka.
Selain hamparan sulfur didesa ini juga terdapat permandian air panas yang mengandung belerang, air terjun, serta gua-gua yang menantikan kehadiran anda.

9. Air Terjun Uluiwoi

Air Terjun Uluiwoi merupakan tempat wisata yang terdapat di Desa Likuwanalapo Kecamatan Uesi Kabupaten Kolaka Timur, meski tergolong jauh dari pusat kota serta melalui jalan yang tidak mudah menuju tempat tersebut namun, semua itu akan terobati saat anda sampai ke tempat tersebut.

Lokasi air terjun Uluiwoi tersembunyi sehingga membutuhkan kesabaran untuk mencapai tempat tersebut dengan menempuh perjalanan 3 jam dari pusat kota kolaka, jika mengendarai mobil menempuh perjalanan selama 2 jam barulah anda sampai ketempat tujuan. Terdapat banyak anak air terjun yang berada disekitar tempat tersebut dengan ketinggian kurang lebih 5 meter, sedangkan air terjun utama memiliki ketinggian 15 meter.

10. Pulau Bintang

Pulau Bintang berada di Tolala Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Keindahan pasir putih serta air yang jernih menjadi daya Tarik tersendiri di pulau tersebut, selain itu pulau bintang juga dapat di jadikan sebagai latar foto nan cantik bak negeri dongeng, untuk sampai ke tempat nan indah ini anda hanya dapat melakukannya dengan jalur laut selama kurang lebih 30 menit dari Tolala, pesona tempat ini sangat menarik untuk camp.

Anda juga dapat menyaksikan pulau-pulau kecil yang berada disekitar pulau bintang, selain itu anda pun tak perlu khawatir jika ingin menginap sebab ada beberapa villa yang tersedia dipulau ini untuk para wisatawan.

11. Danau Biru

Danau biru berlokasi di Desa Walasiho Kabupaten Kolaka
Danau biru berlokasi di Desa Walasiho Kabupaten Kolaka (tribun timur/zonatimes.com)

Danau biru berlokasi di Desa Walasiho Kabupaten Kolaka Utara, perpaduan antara bukit, batu, pepohonan, serta air laut yang berwarna biru menjadi daya tarik yang tak dapat di pandang sebelah mata. harga tiket untuk masuk ke tempat ini adalah Rp.5,000,00 per orang. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan tempat ini cocok di jadikan sebagai latar untuk sesi pemotretan, berenang, memancing dan snorkeling.

12. Pantai Mandra

Pantai ini berlokasi di desa Lamokato Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka, dahulu kala tempat ini merupakan kawasan hutan bakau, namun pemerintah setempat mengubah menjadi pantai saat terjadi perluasan wilayah kota kolaka.
Ada beberapa fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini diantaranya penginapan juga terapi bagi para wisatawan dari luar daerah kolaka, pantai ini menjadi tempat untuk menikmati keindahan kota kolaka pada malam hari. juga dapat menikmati kuliner di sekitar pantai.

13. Pantai Harapan Pomalaa

Pantai harapan pomalaa berada di Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Pantai ini menjadi destinasi wisata pantai yang dapat anda nikmati secara gratis sebab untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya, selain gratis anda juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, berfoto-foto bahkan menyaksikan matahari terbenam .di sebut pantai harapan sebab pantai ini adalah harapan bagi warga disekitar tempat pertambangan nikel, harapan untuk memperoleh kenyamanan dan kesejukan ditengah kebisingan kota.

14. Wisata mangrove kolaka

Wisata mangrove kolaka adalah destinasi wisata yang berada tepat di pinggir jalan, wisata ini berada di Desa Towua Kabupaten Kolaka, jika anda dari Pomala menuju Kolaka dan melewati baypass maka anda akan menemukan wisata ini terkadang pengunjung tempat ini adalah mereka yang melakukan perjalanan baik dari pomala  menuju kota kolaka maupun sebaliknya.

Menikmati indahnya pepohonan setelah melakukan perjalanan jauh sangatlah menggembirakan dan dapat menghilangkan penat itulah sebabnya tempat ini kadang di jadikan tempat untuk rehat sejenak saat dalam perjalanan.

15. Pantai Novi Wolo

Pantai Novi Wolo adalah tempat wisata yang berlokasi di Desa Wolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka. dulu tempat ini merupakan dermaga untuk kapal cepat yang merupakan tempat persinggahan rute kolaka menuju siwa, namun sekarang ini sudah tidak di fungsikan lagi dan beralih fungsi menjadi tempat wisata gratis bagi warga sekitar.

Selain tempatnya stategis dan indah, disekitar pantai juga tersedia berbagai macam makanan yang dapat membuat anda betah berada disana.
Dipantai novi ini anda dapat menyaksikan mentari terbenam. anda juga dapat menyaksikan pulau-pulau yang berada tak jauh dari pantai tersebut. pantai ini berjarak 60 kilo meter dari pusat kota kolaka.

16. Permandian Air Panas Kea-kea

Permandian Air Panas Kea-kea kolaka
Permandian Air Panas Kea-kea kolaka (akurat.co/zonatimes.com)

Permandian air panas kea-kea merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, terletak di Mangolo Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga.
Permandian air panas kea-kea menjadi pilihan masyarakat akhir-akhir ini di Kabupaten Kolaka. sebab, permandian ini menyatu dengan sungai sehingga sangat elegan dimata masyarakat setempat.
Selain dekat dengan jantung kota kolaka destinasi wisata ini juga telah menyiapkan lahan parkIr dan karcis untuk memasuki wilayah wisata. tergolong murah anda cukup membayar Rp.5,000,00 per orang.

17. Pulau Padamarang

Pulau Padamarang adalah salah satu pulau terbesar di Kabupaten Kolaka. pulau ini terletak di wilayah Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di utara Maniang dan di sebelah timur Teluk Bone. Pemandangan yang dapat dilihat di pulau ini sangat menarik dan juga dapat memberi kesan yang menyejukkan bagi pengunjung.