oleh

Peringatan Dies Natalis Fakultas Teknik Unhas ke-59 Berlangsung Meriah

Gambar Gravatar-Zona Kampus - 14 September 2019

ZONATIMES.COM – Memperingati hari jadi ke-59, Fakultas Teknik Unhas mengadakan serangkaian kegiatan Dies Natalis dengan tema “Addressing The Global Challenges”.

Kegiatan ini di launching pada bulan Juni dan puncak acara peringatan di bulan September. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan, termasuk peresmian Asrama Mahasiswa Teknik, lomba antar departemen, seminar nasional, dan internasional.

Puncak acara yang berlangsung pada Sabtu (14/09) dirangkaikan dengan peletakan batu pertama Masjid bantuan dari Ikatan Alumni Teknik (IKATEK) Unhas. Turut hadir pula pada acara puncak ini adalah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST, yang juga merupakan alumni Fakultas Teknik Unhas. Hadir pula jajaran pimpinan Universitas dan dekan-dekan se-Unhas, serta Direktur, dan Kepala Biro, serta mitra-mitra Fakultas Teknik Unhas.

Ketua Panitia Dies Natalis FT Unhas ke-59, Dr. Eng. Farid MT menjelaskan bahwa beberapa rangkaian kegiatan sejak Juni melibatkan dosen, mahasiswa, pegawai, alumni, dan keluarga besar FT Unhas.

“Kegiatan Dies Natalis ini berlangsung dari Juni-September, melibatkan dosen, pegawai dan keluarga. Salah satunya, untuk pertama kali fun run dilaksanakan, dimana dalam pelaksanaannya, melibatkan dosen-dosen muda yang masih energik dan juga melibatkan mahasiswa,” ujar Farid saat memberi sambutan di Kampus Teknik Unhas Gowa.

Dekan FT Unhas, Dr. Ir. Arsyad Taha, MT menyampaikan bahwa FT Unhas saat ini menjalani suasana yang terus berinovasi. Acara Dies Natalis ini terlaksana atas peran dan support dari seluruh elemen yang menjadi mitra.

“Kegiatan ini terlaksana oleh kerja sama beberapa sponsor, BNI, Pemerintah Kabupaten Gowa, dan Koperasi Unhas. Saya menyampaikan terima kasih atas dukungannya. Hari ini adalah hari kegembiraan kita. Usia 59 tahun, jika berdasarkan standar WHO, itu masih berada pada kelompok muda. Meskipun demikian, kita akan terus meningkatkan inovasi dan kreativitas untuk pengembangan Fakultas Teknis ke depan,” kata Arsyad.

Arsyad Taha menambahkan bahwa lokasi Kampus Fakultas Teknik di Kabupaten Gowa berada di Kecamatan Bontomarannu. Nama Bontomarannu berarti puncak kegembiraan, yang kemudian hari ini kita harus terus bergembira sebab berada di puncak kegembiraan.

“Kita sudah mencapai akreditasi dari masing-masing strata, suatu kegembiraan dapat memperoleh akreditasi internasional, dan akan menyusul terus. Di bidang prasarana kampus, FT menerima banyak bantuan, salah satunya adalah bantuan Pemprov Sulsel untuk pembangunan jalan lingkar, tahun ini akan selesai,” sambungnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa dalam waktu setahun menjabat sebagai wakil gubernur, Fakultas Taknik Gowa sangat sering dikunjungi. Ini menunjukkan begitu strategisnya peranan Fakultas Teknik Unhas, khususnya bagi pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Civitas Akademik Fakultas Teknik Unhas telah banyak membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Banyak karya hasil sinergitas antar Pemprov dan Fakultas Teknik Unhas, baik dari Pemprov maupun sebaliknya,” terangnya.

Wagub juga menyampaikan bahwa Kontribusi Dosen Teknik Unhas maupun Dosen Unhas tentu bisa dilihat dalam proses pembangunan Sulsel.

“Industri rumah tangga turunan dari Rumah Potong Hewan sudah familiar dengan masyarakat. Walaupun kecil, tapi sudah kait mengait, bahkan masyarakat di sekitar RPH sangat mendukung untuk perluasan wilayah RPH, dengan pertimbangan jika di lingkungan baru, mereka perlu beradaptasi lagi. sehingga, lokasi RPH saat ini sangat strategis untuk pengembangan wilayah,” ujar Wagub Sudirman.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari Fakultas Teknik Unhas. Teknik Unhas memiliki alumni yang kuat dan hebat. Sehingga perlu diberikan kesempatan dan kepercayaan. Saya yakin, saya meminta kepada mahasiswa yang masih kuliah atau alumni bisa terlibat langsung dalam mengerjakan proyek sebagai pengembangan keilmuan,” tegasnya.

Iapun menyampaikan harapan kedepan agar seluruh elemen Fakultas Teknik Unhas dapat terus bersinergi. Membangun sinergitas antar Pemerintah Kabupaten Gowa, Fakultas Teknik Unhas, dan Pemerinta Provinsi Sulawesi Selatan. Sehingga akan melahirkan kekuatan.(*)

Laporan: Yahya (Fakultas Teknik)

Makassar, 14 September 2019

Ishaq Rahman
Kasubdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Komentar

Baca Juga